Sedekah di Bulan Ramadhan, Dapatkan Keberkahan


BERBAGI dengan sesama, perlu kita lakukan. Sebab, hidup kita pasti penuh dengan masalah. Dan untuk menenangkannya, maka bersedekah adalah solusinya. Karena dengan sedekah, kita bisa membuat orang lain bahagia, dan kita akan merasakan ketenteraman karenanya.

Sedekah alangkah lebih baik jika dilakukan di bulan Ramadhan. Mengapa? Karena sedekah di bulan ini lebih utama daripada bulan-bulan lainnya. Memang apa keutamaannya?
Bersedekah di bulan Ramadhan sangatlah banyak keutamaan dan faedahnya, baik itu untuk orang yang bersedekah, orang yang menerimanya, dan masyarakat secara umum. Di antara keutamaan tersebut adalah:
1. Pada bulan Ramadhan Allah Ta’ala menebarkan rahmat dan kasih sayang-Nya untuk para hamba-Nya, begitu pula ampunan serta pembebasan dari siksa neraka. Maka, bagi siapa saja di antara para hamba-Nya yang mengasihi fakir miskin di bulan ini sungguh Allah akan mengasihi, merahmati, dan melapangkan rezekinya.

2. Barang siapa yang dapat memadukan antara puasa dan sedekah, maka itu merupakan kunci surga baginya. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Sungguh di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Sahabat bertanya,
‘Untuk siapakah ruangan-ruangan itu wahai Rasulullah?’ Jawab beliau, ‘Untuk siapa saja yang berkata baik, memberi makan, selalu berpuasa dan shalat malam ketika orang-orang dalam keadaan tidur’,” (HR. Ahmad dan Tirmidzi, hasan).

Puasa dan sedekah merupakan penggugur dosa dan pelindung dari panasnya api neraka. Rasulullah ﷺ mengatakan bahwa puasa adalah perisai, yaitu perisai pelindung dari panasnya api neraka, dan beliau juga berkata tentang sedekah, “Berlindunglah kalian dari api neraka walaupun dengan separuh buah kurma,” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Puasa dan sedekah dapat menumbuhkan sikap solidaritas antar sesama anggota masyarakat, di berbagai lapisan mereka. Dengan puasa si kaya dapat merasakan kelaparan yang dirasakan oleh si miskin. Dan dengan sedekah orang miskin pun bisa terbantu sehingga tidak lagi merasa sedih dan iri kepada si kaya.

Subhanallah, sungguh luar biasa keutamaan sedekah di bulan Ramadhan ini. Jadi tunggu apalagi, selagi Allah SWT memberikan kesempatan bagi kita merasakan puasa di bulan Ramadhan, maka lengkapilah dengan sedekah. Insya Allah, kita akan mendapatkan berkah. []

Sumber: markazinayah.com


EmoticonEmoticon