Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang adalah makan favorit bagi siapa pun yang menyukainya, sebuah jenis tumbuhan yang mudah ditemukan hampir di seluruh pulau Indonesia.
Selain buahnya atau yang biasa kita kenal dengan jantung pisang, biasanya dijadikan sayuran, karena hampir semua bagian dari pisang itu dapat dikonsumsi, bahkan dibeberapa daerah seperti papua, batang pisang juga bisa diolah jadi makanan.

Tak lupa juga daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional misal tumpeng yang memilik puncuk khas dari sunda.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang pentingnya kenapa kita harus mengkonsumsi buah ini, karena banyak sekali manfaat serta kegunaannya bagi kesehatan tubuh. Cobalah perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Kaya Akan Vitamin dan Serat

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel.

Bahkan selain itu, pisang juga kaya akan postasium. Juga terkandung di dalamnya vitamin B-6 yang dapat membantu mencegah diabetes, menurunkan berat badan, memperkuat jaringan syaraf, dan membantu produksi sel darah putih.
Sehingga sangat disarankan, jika kamu ingin sehat, rutinlah untuk mengkonsumsi buah pisang.

2. Mengobati Sakit Maag

Nah, selain ramuan herbal, ternyata buah pisang bisa menjadi solusi disaat kita terserang maag. Pisang memiliki zat penangkal asam yang ada dalam tubuh, maka jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang walau tidak sepenuhnya bisa langsung menyembuhkan.

Setidaknya buah pisang bisa mencegah dengan mengurangi rasa sakit akibat maag.

3. Sebagai Masker untuk Mengobati Jerawat

Jangan takut jika kamu memiliki jerawat pada muka, kamu bisa menggunakan masker buah pisang. Caranya sangat mudah, pertama hancurkan daging pisang tetapi sudah terlihat cukup matang (menguning), ambil secukupnya lalu oleskan pada kulit wajah yang terkena jerawat.

Setelah itu diamkan selama 15-30 menit langsung bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin hinga jerawat benar-benar hilang.

4. Meningkatkan Mood

Wah, selain sebagai obat yang bisa mengatasi jerawat dan maag, ternyata buah pisang ini juga bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati.

Pisang mengandung kimia bernama trytophan, yang dapat membantu mood tetap stabil dan kamu akan tetap tenang saat melakukan hal-hal positif sepanjang hari. Pisang juga bisa membantu meredakan Seasonal Affective Disorder. Jadi, makanlah pisang jika kamu sedang galau hehe.

5. Sebagai Sumber Energi

Seperti yang telah di sampaikan pada pembahasan di atas bahwa, pisang memiliki kandungan karbohidrat yang menjadi sumber energi pada tubuh.

Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang dalam sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kadar gula darah, dan menambah energi saat melakukan aktivitas sehari-hari.
Dengan rutin memakan pisang dapat mencegah terjadinya kram ketika di malam hari atau di saat melakukan olahraga.

6. Menyembuhkan Luka Bakar

Kamu punya luka bakar? Jangan takut, karena dengan pisang semua akan terselsaikan hehe. Caranya sangat simple sekali, kamu cukup menghaluskan buah pisang, setelah itu langsung deh oleskan pada daerah kulit yang terluka (terbakar).

Walau tidak langsung menyembuhkan, setidaknya olesan pisang ini dapat mengurangi rasa sakit pada luka bakar tersebut. Dan insya Allah hasilnya akan terlihat setelah 2-3 hari jika kamu rutin untuk mengoleskannya pada luka.

7. Kaya Akan Potasium

Ternyata buah pisang ini sangat bermanfaat dalam mengalirkan oksigen ke otak. Menurut badan kesehatan Amerika (FDA), pisang memiliki kandungan giji yang kaya akan potasium dan rendah garam, sehingga kandungan pada buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan mencegah tekanan darah tinggi, penyakit stroke hingga serangan jantung.

8. Sumber Kalsium

Jika kamu memakan buah pisang manfaatnya adalah membantu untuk mencegah penyakit kanker ginjal dan melindungi mata. Terhadap degenerasi makula serta membentuk tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

Memakan pisang juga dapat mencegah terbuangnya kalsium ketika buang air kecil. Untuk mencegah atau mengobati penyakit osteoporosis sebaiknya lebih rutin untuk mengkonsumsi buah pisang.
Karena buah kuning yang satu ini memeliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, dapat juga menyehatkan tulang dan memperbaiki tulang yang kropos.

9. Pemulihan Diri dari Dampak Merokok

Kamu yang berhenti merokok, pisang akan membantu untuk memulihkan tubuh kamu agar terhindar dari serangan kanker. Karena buah ini mengandung kadar tinggi vitamin B serta kalium dan magnesium yang akan membantu kamu untuk mempercepat pemulihan dari dampak merokok.

Nah bagi kamu perokok aktif atau non aktif untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh rokok, mengosumsi buah pisang dapat memulihkan kembali dan mencegah zat-zat nikotin agar tidak kembali lagi. Karena zat tersebut yang akan membuat merusak sistem organ dalam tubuh. Berhati-hatilah!

10. Tinggi Akan Antioksidan

Pisang memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang akan memberikan perlindungan dari radikal bebas serta penyakit kronis. Dampak radikal bebas akan mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh, gangguan pencernaan, jantung, diabetes, parkinson, gangguan syaraf otak dan juga kanker.
Nah, agar terhindar dari radikal bebas, kamu dapat mengkonsumsi pisang setiap hari untuk menjaga metabolisme dalam tubuh, tidak mudah terserang penyakit.

Sebetulnya zat antioksidan banyak sekali manfaatnya. Karena zat ini akan selalu aktif untuk menjaga kamu dalam mencegah datangnya radikal bebas, yang selalu berkeliaran di sekitar kita.

11. Memproduksi Bakteri Baik

Pisang akan bertindak sebagai prebiotik, yang merangsang pertumbuhan bakteri baik dan menjaga sistem kerja lambung dari bakteri jahat. Bahkan buah kuning ini juga memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk membantu tubuh kamu dalam menyerap dengan baik nutrisi pada makanan.

Dalam buah pisang banyak sekali memproduksi bakteri baik, yang dapat mengobati beragam penyakit seperti, gatal-gatal, alergi dan penyakit lainnya. Mengosumsi buah pisang secara rutin akan membuat kamu terlindungi dari bakteri atau virus.

12. Membuat Kamu Pintar

Pisang akan membantu sistem kerja otak dalam membantu dalam kamu belajar dan agar lebih waspada lagi terhadap segala hal. Nah, makan pisang sebelum ujian dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

Karena adanya tingkat tingginya kalium, yang akan membantu meningkatkan sistem kecerdasan otak. Mengosumsi pisang akan membuat daya tahan kamu lebih meningkat lagi.

Apalagi kalau makan pisang akan memberimu konsentrasi kamu lebih tinggi, yang akan memberikan kamu nilai plus saat menghadapi ujian. Ketika sistem kerja otak kamu meningkat, keseimbangan tubuh akan semakin meningkat juga.

13. Kandungan Vitamin B-6

Di dalam buah pisang terkandung vitamin B-6 yang sangat berfungsi menghindarkan dirimu dari penyakit diabetes tipe II.

Selain itu, kandungan ini juga berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih dan memperkuat sistem saraf sehingga kondisi tubuh pun semakin kuat dan tahan terhadap penyakit serta virus yang menyerang.

Diantara fungsi lain dari vitamin B-6 adalah bisa menyembuhkan bengkak atau memar yang disebabkan luka. Selain terdapat di pisang, vitamin B-6 juga bisa kamu temukan di makanan lainnya semisal kalkun, kentang serta buncis.

14. Waktu Terbaik untuk Memakan Pisang

Mengonsumsi pisang harus pada waktu yang tepat agar manfaatnya lebih terasa. Ia tidak bisa sembarang dikonsumsi sebagai cemilan atau malah makanan pokok pengganti nasi, kecuali hendak melakukan aktifitas berat seperti olahraga, maka ini diperbolehkan.

Memakan pisang di waktu-waktu senggang dapat membantu menstabilkan gula darah. Waktu tersebut sekitar pukul 09.00 pagi, 14.00 siang dan setelah makan malam. Mengonsumsi pisang pada pukul 04.30 atau setelah subuh juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan.

15. Mendinginkan Suhu Badan

Penanganan penyakit demam tinggi harus dilakukan dengan segera. Apabila belum mendapati obat, mengonsumsi pisang akan membantu menurunkan suhu tubuh badan untuk sementara waktu, sebagai penanganan awal terhadap penyakit.

Hal ini karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Selain itu, apabila kondisi cuaca di luar sedang panas-panasnya, memakan 2 buah pisang akan mendinginkan tempreatur suhu tubuh kita sehingga rasa panas pun akan berkurang.

Karena khasiatnya ini, di eropa, pisang juga disebut sebagai cool fruit. Oleh karena itu, baiknya kamu juga terus menjaga stok buah berwarna kuning ini di rumah,

16. Pisang sebagai Pengoptimal Sistem Pencernaan

Untuk kesehatan, pisang bisa bekerja sebagai prebiotik yang merangsang tumbuhnya bakteri baik pada usus. Bakter baik tersebut akan memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk mempercepat penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Apabila kamu terserang diare, tentu saja badan akan terasa sangat lemas, bukan? Sehingga hal tersebut menghalangi prokdutifitas sehari-hari.

Pada masa-masa ini, mengonsumsi pisang adalah pilihan yang tepat, karena ia akan berfungsi sebagai penenang saluran pencernaanmu serta membantu memulihkan elektrolit yang banyak terbuang setelah diare.

17. Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil

Zat asam folat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan asam folat sangatlah berperan penting pada pembentukan serta perkembangan saraf, otak serta sumsum tulang belakang si kecil.

Pisang sendiri merupakan salah satu buah dengan kandungan asam folat terbanyak yang otomatis, dengan mengonsumsi pisang secara teratur akan mengurangi kemungkinan bayi terlahir secara prematur dan cacat.

Selain asam folat, pisang juga kaya akan kalsium. Menurut penelitian, di setiap 200 gram pisang akan mengandung 10 mg kalsium alami. Kalsium sendiri sangat bermanfaat pada kelancaran pertumbuhan bayi di dalam perut serta akan memperlancar neurotransmitter pada masa kontraksi otot di dalam kandungan.


EmoticonEmoticon