Memanfaatkan Rempah-rempah untuk Kesehatan

Tidak hanya bisa menjadi bagian dari bumbu masakan, rempah-rempah juga memiliki kandungan yang dapat memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap beragam penyakit, bahkan penyakit yang cukup membahayakan nyawa Anda. 

Sebut saja penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Risiko munculnya penyakit ini dipercaya dapat menurun dengan cara mengonsumsi rempah-rempah. Jenis rempah seperti apakah yang dibutuhkan? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa jenis rempah-rempah di bawah ini dan khasiatnya untuk tubuh Anda.


  • Kayu Manis
    Jenis rempah-rempah yang satu ini biasanya dapat ditemukan di dalam roti atau olahan kue lainnya. Bahan ini memberikan keharuman yang menambah sensasi kenikmatan saat mengonsumsinya. Tapi tahukah Anda, ternyata kayu manis tidak hanya bisa memberikan keharuman dan rasa yang khas pada olahan roti, kue, atau teh Kayu manis juga diduga dapat memberikan manfaat lain untuk tubuh Anda. Misalnya saja untuk membantu mengatasi pembengkakan dengan kandungan antiinflamasi yang terdapat di dalamnya.
  • Kunyit
    Anda tentu sudah akrab dengan jenis rempah-rempah ini, bukan? Kunyit yang juga satu keluarga dengan jahe ini memang cukup sering digunakan untuk bumbu masak. Mulai dari makanan yang berkuah, hingga makanan yang digoreng. Tidak hanya mudah didapat dan mampu memberikan cita rasa tersendiri pada makanan, kandungan kurkumin di dalam kunyit juga diduga memberikan cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kunyit biasa digunakan untuk menyembuhkan pilek, mengobati bekas luka, membantu mengatasi penyakit hati, serta mengatasi infeksi. Bahkan penelitian menunjukkan kunyit dapat meredakan proses inflamasi di dalam tubuh.
  • Bawang Putih
    Layaknya kunyit, rempah-rempah yang cukup akrab dengan masakan sehari-hari masyarakat Indonesia ini ternyata juga memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tekanan darah Anda. Bawang putih terbukti di dalam penelitian, dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah, karena kandungan di dalamnya dapat membuat pembuluh darah melebar dan lebih rileks. Alhasil, aliran darah menjadi lebih bebas dan tekanan di dalam pembuluh darah menurun.
  • Kapulaga
    Selain mengonsumsi bawang putih, Anda juga dapat mengonsumsi kapulaga setiap hari selama beberapa bulan untuk menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengolah kapulaga ke dalam olahan makanan seperti kue, roti, sup, dan makanan lainnya.
  • Kemangi  Rempah-rempah yang satu ini biasanya menjadi bagian dari lalapan. Aroma dan rasanya yang khas tidak hanya meningkatkan kenikmatan saat makan, tapi juga dilaporkan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Kemangi juga kaya akan magnesium dan mengandung antioksidan yang membantu tubuh Anda melawan radikal bebas. Bahkan, kandungan nutrisi yang ada di dalam kemangi juga dipercaya mampu mengurangi inflamasi dan mencegah efek buruk dari penuaan. Selain menjadi bagian dari lalapan, Anda juga dapat memasukan kemangi ke dalam campuran sambal atau tumisan untuk memperoleh manfaatnya.
Ingin mendapatkan manfaat dari beragam jenis rempah-rempah di atas? Tentu mudah saja, Anda bisa mengolahnya ke dalam beragam jenis masakan untuk menu sehari-hari. Mulai dari menjadikannya lauk, minuman, hingga produk olahan kue yang lezat.[alodokter-klinikf3cinoling]


EmoticonEmoticon