Lemak Tak Selalu Buruk, Ini Efek Negatif Jika Tubuh Tanpa Lemak


Pelaku pola hidup sehat biasanya agak phobia dengan yang namanya lemak. Makanan berlemak pasti mereka hindari, sebab kerap dituding sebagai pencetus banyak penyakit dan pemicu kegemukan atau obesitas.

Padahal jika tubuh kekurangan lemak juga bukan hal yang sehat, lho. Makanan yang mengandung lemak sehat tetap dibutuhkan demi kesehatan. Ada efek negatif yang bisa terjadi dan mempengaruhi kesehatan bila kita sangat sedikit makan asupan lemak sehat. Berikut ini di antaranya:

– Kekurangan salah satu unsur yang dibutuhkan tubuh untuk penghasil energi itu, bisa membuat otak lama saat bekerja, juga tubuh lemah dalam bergerak. Hasilnya, Anda akan sulit konsentrasi dan fokus.

– Bagi kulit, lemak adalah hal yang penting. Lemak akan memberi kelembaban bagi permukaan kulit agar tak kering, juga mencegah timbulnya infeksi di permukaan kulit.

– Ternyata organ otak terdiri dari 60% lemak, yang membuatnya lebih terlindungi. Jika cadangan lemak di tubuh Anda tidak memenuhi kebutuhan otak, maka itu membuatnya sulit bekerja dengan baik.

– Kurang lemak di tubuh akan membuat Anda sering kedinginan, karena fungsi utama lain dari lapisan lemak adalah menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

– Jika Anda ingin mengonsumsi lemak sehat, pilihlah minyak zaitun, minyak kelapa, ikan laut, juga alpukat dan lain-lain. Semua sumber lemak itu akan mencegah depresi, stroke, dan penyakit jantung.
Nah, untuk kesehatan lemak tak perlu selalu dihindari bukan, ada banyak manfaat dari bahan tersebut untuk tubuh.


EmoticonEmoticon