Sekitar Jakun Membengkak, Bisa Jadi Pertanda Gangguan Tiroid

Jakun lebih umum dikenal pada pria, meski sebenarnya, wanita pun memilikinya dengan ukuran lebih kecil. Jika terjadi pembengkakan di sekitar jakun harus segera diperhatikan. Ada kemungkinan hal itu disebabkan oleh gangguan kelenjar tiroid yang letaknya berdekatan dengan jakun.






Fungsi kelenjar tiroid yang memproduksi hormon tiroid sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid berada tepat di bawah jakun yang berada di bagian depan leher. Itu sebabnya, perlu dicermati lebih lanjut jika terjadi pembengkakan di sekitar jakun. Umumnya gangguan kelenjar tiroid akan diikuti gejala berupa rasa tidak nyaman atau pun kesulitan menelan.

Beberapa kondisi gangguan kelenjar tiroid yang dapat menyebabkan pembengkakan antara lain:
  • Goiter
Secara umum, masyarakat di Indonesia sering menyebutnya sebagai penyakit gondok. Kondisi ini sering dikaitkan dengan kekurangan iodine atau iodium pada seseorang. Iodium merupakan nutrisi yang dimanfaatkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid yang dibutuhkan tubuh. Umumnya, zat nutrisi tersebut diperoleh dari mahluk hidup di laut termasuk makanan laut, rumput laut, dan garam.
  • Tiroiditis
Tiroiditis merupakan peradangan pada kelenjar tiroid dan dapat memicu rasa sakit. Namun, bisa juga penderitanya tidak merasakan gejala apa-apa. Tiroiditis bisa disebabkan infeksi virus atau pun penyakit autoimun tertentu. Selain itu, beberapa jenis obat diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada sel tiroid yang dapat memicu tiroiditis.
  • Nodul Tiroid
Benjolan yang disebabkan nodul tiroid bisa tampak padat atau pun lembek  dan dipenuhi cairan. Benjolan ini terletak di dalam kelenjar tiroid, dan pada beberapa kasus bisa terlihat seperti jakun yang membengkak. Ukuran nodul tiroid beragam. Ada yang kecil, namun juga bisa membesar hingga tampak pada leher dan menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan.
  • Kanker tiroid
Gejala paling umum kanker tiroid yaitu berupa benjolan di leher. Meski demikian, tidak semua bisa tampak terlihat dengan jelas.

Pengecekan Leher dan Fungsi Tiroid

Jika Anda mencurigai adanya pembengkakan di leher, terutama di sekitar jakun yang berkaitan dengan kelenjar tiroid, Anda bisa mulai memeriksa sendiri di rumah sebelum berkonsultasi dengan dokter.
Untuk melakukan pemeriksaan leher secara mandiri, manfaatkan cermin dan segelas air. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut :

Pertama, coba temukan lokasi kelenjar tiroid yaitu di antara tulang selangka dan laring. Tepatnya berada di bawah jakun. Gunakan jari tangan untuk meraba lokasi tersebut.
Lalu, untuk mengetahui fungsi tiroid lebih lanjut, maka perlu dilakukan pemeriksaan darah. Hal itu untuk mengetahui tingkat hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid dalam tubuh.

Penting untuk segera memperhatikan jika terlihat pembengkakan di sekitar jakun, di mana terdapat kelenjar tiroid yang memiliki fungsi vital bagi tubuh. Konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


EmoticonEmoticon