Kenali Calon Istri, Intip Saja

SEBELUM melangsungkan pernikahan dengan seorang perempuan pilihan Anda, maka ada hal yang perlu Anda perhatikan. Yakni meminangnya terlabih dahulu. Ya, meminang, berarti Anda telah mengikat perempuan tersebut untuk dinikahi. Dan wanita pinangan Anda itu tidak bisa dipinang oleh orang lain, karena telah menjadi milik Anda.






Dalam proses meminang, selain mengikat, juga bisa saling mengenali. Maksudnya, Anda bisa lebih dekat mengenali calon istri Anda dengan cara melihat dirinya. Ya, Anda boleh melihat wajahnya ketika proses meminang. Dan Anda bisa melihat hal lain dari dirinya untuk memantapkan keyakinan Anda menikahinya.

Sungguh telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Thabrani dari Abi Humaid As-Sa’idi Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Nabi ﷺ bersabda, “Apabila seorang di antara kamu meminang wanita, maka tidak mengapa kamu melihatnya jika kamu melihatnya untuk dipinang, meskipun wanita itu tidak tahu.”

Ya, alangkah lebih baik, Anda mengenali calon istri dengan mengintipnya. Bukan secara terang-terangan yang kini banyak dilakukan oleh banyak orang. Mereka biasanya datang menemui calonnya dan mengajaknya jalan bersama. Mereka menganggap bahwa hal ini adalah cara terbaik untuk mengenali pasangannya agar lebih memunculkan benih-benih cinta di antara keduanya.

Padahal, tahukan Anda, bahwa hal demikian tidak memiliki efek yang begitu baik bagi hubungan mereka. Mengapa? Sebab, biasanya, ketika dua orang yang saling menyukai jalan bersama sebelum menikah, maka ia akan cenderung berpura-pura. Yakni, sikap asli dalam dirinya tidak akan ia keluarkan sepenuhnya. Ia akan cenderung berperilaku yang baik-baik agar terkesan baik pula di mata calonnya.

Maka, jalan terbaik untuk mengenali calon pasangan ialah dengan mengintipnya. Kita bisa melihat seperti apa dirinya tanpa sepengetahuannya. Kita bisa lebih mengenalinya dengan cara bertanya pada keluarga, saudara atau pun kerabat dekatnya. Dengan begitu, baik-buruknya calon pasangan, dapat kita ketahui. []

Sumber: www.walimah.info


EmoticonEmoticon