Makanan Penambah Berat Badan Bukan yang Sekadar Berlemak

Sekilas sepertinya mudah menambah berat badan dengan cepat. Sering-sering saja makan makanan cepat saji tinggi kolesterol, maka badan akan menjadi lebih berisi, maksudnya berisi lemak di mana-mana. Nah, tantangan di sini adalah menambah berat badan dengan tetap menjaga kesehatan ideal. Tentu saja akan membutuhkan cara yang berbeda, bukan?

Menurut seorang pakar diet, selain berkalori, makanan penambah berat badan haruslah kaya nutrisi. Mengonsumsi makanan yang asal berlemak dan berkalori tinggi justru akan memicu pertambahan berat badan disertai risiko-risiko yang mengancam kesehatan.

Di bawah ini adalah beberapa panduan dalam memperbarui pola makan dengan menyeimbangkan nutrisi dari makanan-makanan penambah berat badan yang menyehatkan. Mari kita cari tahu bersama-sama, mungkin saja cocok dengan dietmu,






Makanan berkalori tinggi dengan volume kecil

Singkirkan semua makanan berlabel “rendah kalori”. Cobalah lebih banyak mengonsumsi makanan penambah berat badan bervolume kecil, seperti salmon yang mana adalah ikan berlemak. Coba pilih juga roti yang berkalori lebih tinggi seperti, bagel atau muffin, untuk menu sarapan sehari-hari. Sebagai camilan, Anda dapat memilih kue kering oatmeal ataupun yoghurt beku.

Makanan yang kaya nutrisi 

Berikut adalah beberapa contoh makanan penambah berat badan yang tinggi kandungan nutrisi.
  • Kacang-kacangan adalah bahan makanan kaya protein dan serat dengan 150-200 kalori per 28 gram. Selain dapat dikonsumsi langsung, kacang-kacangan dapat dikonsumsi sebagai tambahan pada sup dan salad. Begitu juga selai kacang yang dapat dioleskan pada roti.
  • Buah-buahan tertentu, seperti avokad yang berukuran sedang, dapat mengandung 300 kalori, sementara mangga memiliki sekitar 130 kalori, sehingga juga dapat menjadi makanan penambah berat badan. Buah yang dikeringkan, seperti keripik pisang, mengandung sekitar 147 kalori per 28 gram. Dapat juga mengonsumsi buah kering lain, seperti kismis dan kurma. Selain itu, buah juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus sebagai selingan di antara waktu makan utama. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain, seperti yoghurt, susu, selai kacang, dan krim.
  • Sayuran mengandung serat dan nutrisi berkadar tinggi. Kentang panggang ukuran sedang mengandung kurang lebih 159 kalori, sementara secangkir jagung mengandung sekitar 156 kalori.
  • Daging merah adalah bahan makanan penambah berat badan yang tinggi protein, vitamin, dan mineral.
  • Telur dapat berperan membantu membentuk otot, serta kaya vitamin, sehingga juga dapat menjadi makanan penambah berat badan yang baik.
  • Minyak yang sehat dapat membantu meningkatkan pembentukan otot dan meningkatkan berat badan, seperti minyak kanola dan minyak zaitun. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung setidaknya 120 kalori dan dapat dipadukan dengan berbagai makanan lain.
  • Ganti nasi putih dengan nasi merah atau roti gandum utuh.
  • Selain itu, kalori juga dapat ditambahkan secara mudah dengan menambahkan bahan seperti keju.
Di samping menentukan jenis makanan penambah berat badan, penting juga untuk memperbaiki pola makan. Terkadang berat badan seseorang kurang optimal karena pola makannya yang tidak teratur. Sebagai solusi, dari sekarang mulailah berkomitmen untuk makan tiga kali sehari, masing-masing berisi minimal 500 kalori dan konsumsi makanan ringan 100-200 kalori, terutama di antara jam makan dan setelah makan malam.
Seorang pakar diet bahkan menyarankan untuk makan enam kali sehari, tiga jam sekali. Tetapi hindari mengonsumsi makanan ringan yang membuat Anda terlalu kenyang untuk makan makanan utama. Selain itu, secara bertahap, tambah kapasitas porsi makanan yang dapat ditangani usus dalam sekali makan.

Hal yang tidak kalah penting, selain mencoba berbagai makanan penambah berat badan, penting juga memeriksakan diri ke dokter atau ahli gizi untuk menemukan penyebab kurangnya berat badan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh faktor genetis atau keturunan, aktivitas fisik yang berat, mengidap penyakit tertentu, depresi, serta obat-obatan tertentu yang dapat membuat mual dan muntah.


EmoticonEmoticon