Ketahuilah, Inilah Arti Masalah


SERINGKALI seseorang berkata bahwa dirinya sedang dirundu masalah. Hal ini membuatnya menjadi begitu resah dan gelisah. Dan setiap kali terdengar kata masalah, pasti wajah sudah menunjukkan rasa sedih. Nah, sebenarnya apa sih masalah itu?

Masalah kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan. Masalah biasanya dianggap sebagai suatu keadaan yang harus diselesaikan. Umumnya masalah disadari “ada” saat seorang individu menyadari keadaan yang ia hadapi tidak sesuai dengan keadaan yang diinginkan.

Dalam beberapa literatur riset, masalah seringkali didefinisikan sebagai sesuatu yang membutuhkan alternatif jawaban, artinya jawaban masalah atau pemecahan masalah bisa lebih dari satu.
Selanjutnya, dengan kriteria tertentu akan dipilih salah satu jawaban yang paling kecil risikonya. Biasanya, alternatif jawaban tersebut bisa diidentifikasi jika seseorang telah memiliki sejumlah data dan informasi yang berkaitan dengan masalah bersangkutan.

Misalnya saja, si A tidak dapat belajar dengan baik. Dua hari berturut-turut tetangganya mengadakan pesta. Sehingga suasana di tempat tinggalnya menjadi ingar-bingar. Ia tidak bisa lagi berkonsentrasi dalam belajar. Maka, dapat kita ketahui bahwa si A tidak dapat belajar dengan baik.

Itulah yang kita kenal dengan masalah. Ya, kata yang sering diutarakan oleh banyak orang ini, memang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Maka, ketika Anda menghadapi masalah, jangan dulu berkecil hati. Percayalah, bahwa bukan hanya Anda saja yang merasakan, orang lain pun ada yang merasakan sama atau bahkan lebih berat terkena masalah. []

Sumber: id.wikipedia.org


EmoticonEmoticon