Tips Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat Dengan Apel

Memiliki tipe kulit berminyak memang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah Anda akan tampak awet muda lebih lama karena kulit wajah yang berminyak mengalami penuaan yang lebih lama jika dibandingkan dengan jenis kulit yang lain. Tetapi kabar buruknya adalah, wajah berminyak lebih rawan ditumbuhi jerawat, komedo, dan make up pun sulit terlihat sempurna karena akan cepat pudar. Bila Anda adalah salah satu orang yang mempunyai jenis kulit demikian tak perlu khawatir lagi karena Anda dapat mencoba cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami dari buah apel.


Mengatasi wajah berminyak dengan apel – Shutterstock
Tak hanya kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, buah apel juga sangat baik dijadikan bahan untuk merawat kulit terutama untuk kulit wajah berminyak. Kandungan malic acid pada buah yang lezat ini berfungsi untuk meluruhkan kotoran dan sel kulit mati atau eksfoliasi. Selain itu bonus tambahannya bila Anda menggunakan apel sebagai salah satu cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat, kulit Anda juga akan terlihat mulus tanpa kerutan.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Apel: Masker

Berikut ini adalah resep masker apel sebagai alternatif cara mengatasi wajah berjerawat akibat minyak berlebih. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah 1 buah apel hijau dicuci dan dipotong-potong, 100 gr anggur hijau, 50 gr lidah buaya dicuci dan dipotong-potong, dan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon.
Untuk mendapatkan masker sebagai cara merawat wajah berminyak dan berjerawat, haluskan seluruh bahan dengan blender hingga Anda mendapatkan masker berbentuk pasta. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan ramuan ini pada wajah Anda. Diamkan selama sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan metode perawatan wajah berjerawat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




Masker apel untuk atasi wajah berjerawat – Shutterstock

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Apel: Toner

Selain dapat diolah menjadi masker sebagai cara merawat wajah berjerawat, buah apel segar juga dapat digunakan sebagai toner alias penyegar wajah dengan fungsi yang sama. Selain anti iritasi karena menggunakan bahan alami, toner apel ini juga cukup efektif untuk mengatasi masalah wajah berminyak sekaligus untuk merawat wajah merawat wajah berjerawat. Demikian adalah resepnya:
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah apel segar dipotong kecil-kecil, ½ gelas air mineral, ½ gelas witch hazel. Berikut tahapannya:
  • Masukkan air dan potongan buah apel ke dalam panci kemudian nyalakan kompor dengan api sedang dan tunggu hingga air mendidih
  • Aduk perlahan-lahan dan tunggu hingga sari apel keluar dari buahnya
  • Matikan kompor dan diamkan rebusan buah hingga benar-benar dingin
  • Setelah dingin, saring ramuan tersebut dan campurkan witch hazel
  • Tampung dalam botol bersih dan toner buatan sendiri siap Anda gunakan.

Ekstrak apel segar untuk toner wajah – Shutterstock
Sebagai cara mengatasi wajah berminyak, toner dapat diaplikasikan setelah Anda membersihkan wajah baik dengan cleanser atau dengan sabun wajah yang biasa Anda gunakan. Tuangkan toner secukupnya pada kapas steril kemudian oleskan pada seluruh wajah dan leher. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon