9 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Kista

Tahukah kamu penyakit kista bisa timbul karena beberapa faktor? Salah satunya adalah pola gaya hidup yang tidak baik dan pola makan yang tidak baik. Hal tersebut bisa menjadi faktor utama terjangkitnya penyakit kista. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga makanan yang dikonsumsi sehari-hari.


Tetapi bila kamu sudah terlanjur terkena penyakit kista ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah berobat kepada dokter khusus yang menangani penyakit ini. Dan agar proses penyembuhan penyakit kamu bisa berjalan dengan cepat selain mengkonsumsi obat sebaiknya hindari 9 jenis makanan yang ada di bawah ini.

1. Sayuran Tauge

Pantangan makanan yang pertama untuk orang yang menderita penyakit kusta adalah jenis sayuran seperti toge, sawi putih, cabai, santan dan kangkung. Mengapa demikian? Bukankah sayur itu baik untuk kesehatan tubuh? Hal itu memang benar, tapi ada beberapa zat dari sayuran tersebut yang memiliki dampak buruk bagi penderita kista.
Sayuran toge bisa menyebabkan perkembangan kista semakin cepat sedangkan sayur jenis sawi dipercaya bisa mengurangi khasiat dan manfaat obat yang digunakan untuk menyembuhkan kista. Selain itu cabai juga tidak diperbolehkan karena bisa mengurangi kadar oksigen di dalam tubuh penderita kista.

2. Buah-buahan Sejenis Durian dan Nangka

Bagi penderita penyakit kista tidak sebaiknya menghindari jenis buah-buahan yang mengandung gas dan alkohol seperti buah durian, nangka, anggur, duku dan nanas. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan zat yang bisa memicu pertumbuhan kista dan sel kanker. Hal tersebut dikarenakan kandungan alkohol pada buah tersebut lumanyan tinggi.

3. Minuman Bersoda dan Alkohol

Salah satu jenis minuman yang menjadi pantangan penderita kista adalah minuman beralkohol serta minuman yang mengandung soda. Seperti yang sudah dikaetahui bahwa minuman ini memang tidak baik untuk dikonsumsi karena akan memberikan efek buruk pada kesehatan.

Jenis minuman beralkohol dan bersoda tidak hanya memberikan efek buruk bagi penderita kista teapi orang yang sehat juga akan terkena efek buruk bila mengkonsumsi jenis minuman ini. Konsekuensi bagi penderita penyakit kista bila meminum minuman ini adalah penyakitnya akan semakin parah dan susah untuk disembuhkan.

4. Jenis Daging Merah

Jenis daging merah seperti daging kambing, daging sapi bahkan sekaligus jeroannya merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita kusta. Alasan kenapa jenis makanan ini harus dihindari karena kandungan kolestrol yang ada pada daging merah bisa memicu terjadinya kelainan sel abnormal yang ada di dalam tubuh.

5. Daging Unggas

Alasan kenapa penderita kusta harus menghindari makanan unggas adalah karena biasa proses peternakan hewan tersebut menggunakan berbagai obat-obatan kimia untuk pertumbuhan mempercepat pertumbuhan unggas tersebut.
Oleh karena itu mengkonsumsi unggas tersebut akan memberikan efek buruk pada tumbuh. Tapi untuk jenis unggas seperti ayam kampung yang biasanya dibesarkan tanpa menggunakan obat-obatan kimia boleh dikonsumsi oleh penderita kusta.

6. Makanan dan Minuman yang Mengandung Bahan Pengawet

Makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet meskipun sedikit sebisa mungkin untuk dihindari. Karena makanan jenis ini akan memperparah penyakit kista.
Seperti yang sudah diketahui makanan yang mengandung pengawet seperti mi instan, minuman kaleng dan bahan makanan kalengan memiliki kandungan zat kimia yang akan memberikan efek buruk pada tubuh.

7. Makanan yang Berasal dari Laut

Selanjutnya jenis makanan yang menjadi pantangan penderita penyakit kusta adalah makanan yang berasal dari laut. Hindari makanan laut seperti cumi, kerang, udang, kepitik karena jenis bahan ini mengandung kolestrol yang cukup tinggi. Hal ini akan menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan penyakit kista dan mengancam peredaran darah menjadi tidak lancar.

8. Makanan yang Dimasak dengan Cara Digoreng

Bagi penderita kusta sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Bila kamu mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara di atas akan memicu terjadinya perkembangan kista secara lebih cepat.
Pesatnya perkembangan penyakit kista akan memicu terjadinya perkembangan sel kanker. Sebaiknya penderita penyakit kusta makan makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus.

9. Junk Food

Makanan junk food memang saat ini banyak digemari oleh sebagian orang. Masakan siap saji ini banyak dijual di pasar atau di pusat-pusat perbelanjaan. Makanan jenis ini merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi sangat sedikit dan banyak mengandung lemak.

Penderita kista tidak boleh memakan jenis ini karena akan membuat penyakitnya semakin parah. Selain itu makanan junk food juga tidak baik  bagi orang sehat sekalipun. Oleh karena itu biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang alami[klinikf3cinoling]


EmoticonEmoticon