Manfaat-sinar-matahari-Untuk-Tulang-dan-mencegah-Kanker

Berjemur pagi hari, apa sih manfaatnya untuk kesehatan? Hampir setiap hari kita mendengar bahwa ada banyak sekali manfaat sinar matahari untuk kesehatan. Namun informasi yang kita terima hanyalah untuk kesehatan tulang, karena sinar matahari mengandung vitamin D. Apa iya hanya itu saja manfaat sinar matahari?


Ternyata memang tidak hanya itu. Manfaat sinar matahari bukan hanya sebagai sumber vitamin D yang berfungsiu untuk menguatkan tulang, tetapi juga menjaga daya tahan tubuh. Bahkan disebutkan juga bahwa manfaat sinar matahari adalah untuk membantu mencegah kanker.

Penelitian menjelaskan tentang manfaat sinar matahari pernah dilakukan di US dan Norwegia. Peneliti menemukan bahwa, keberadaan vitamin D berhubungan dengan daya tahan tubuh pasien kanker. Mereka yang hidup di daerah dengan cuaca yang cerah, daerah lintang selatan dan memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, lebih sedikit kemungkinannya untuk meninggal akibat kanker, daripada mereka yang tinggal di daerah lintang utara.

Saat Anda mendapat paparan sinar matahari pagi dan UV, Anda akan merasa tubuh menjadi lebih segar dan lebih bahagia. Saat terbangun pun Anda akan merasa lebih segar. Ternyata sinar matahari yang Anda dapat sehari-hari juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dalam majalah Envirotmental Health Perspective, disebutkan manfaat paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi hormin serotonin, endorfin dan melatonin di otak. Endorfin dan serotonin adalah hormon yang bisa membangkitkan perasaan bahagia, sedangkan melatonin merupakan hormon yang bekerja di otak, yang bisa membuat seseorang tidur lebih cepat dan lebih lelap.

Sinar matahari juga berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah. Dua sel darah ini akan membuat imunitas tubuh seseorang semakin baik. Sinar UV membantu tubuh untuk mematikan virus, bakteri, jamur dan fungi, yang berada di permukaan kulit. Karena itu, sinar matahari bermanfaat sebagai antiseptik alami.

Nah, yuk kita aktif lari pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengambil manfaat sinar matahari pagi!


EmoticonEmoticon