5 Makanan Sehat Untuk Kecantikan Kulit

klinikf3cinoling – Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang berfungsi sebagai indera peraba, namun tak hanya itu karena memiliki kulit yang cantik dan sehat merupakan impian semua orang khususnya kaum wanita untuk lebih menunjang penampilan mereka. Oleh karena itu berbagai macam cara dilakukan agar memiliki kulit yang cantik bahkan mereka rela sampai menggunakan cara yang tidak alami atau berbahaya.
Ada baiknya jikakita menggunakan cara alami untuk membuat dan menjaga kulit menjadi cantik melalui makanan. Berikut 5 makanan sehat untuk kecantikan kulit kamu.
  1. Teh hijau
Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang mempunyai kadar antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang terdapat dalam kulit oleh karena itu mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat dapat menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Selain itu teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari pancaran sinar UV yang berbahaya dan mencegah munculnya penuaan dini.
  1. Berbagai jenis ikan
Asam lemak esensial tidak dapat disintesis di dalam tubuh manusia, oleh karena itu tubuh memerlukan asam lemak esensial dari luar tubuh yaitu dari berbagai jenis ikan terutama ikan salmon. Mengkonsumsi ikan salmon secara teratur dapat menjaga kelembapan kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang kurang baik sehingga kulit terasa lebih halus dan kenyal.
  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen
Kolagen merupakan protein yang tersusun atas tiga macam asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen akan membantu mencegah dan menghilangkan jerawat, kemudian kolagen juga berperan aktif untuk menjaga kulit tetap elastis dan terhindar dari penuaan dini. Contoh makanan yang kaya akan kandungan kolagen adalah melon, berbagai olahan kedelai dan berbagai produk susu.
  1. Berbagai sayuran berwarna merah dan hijau
Mengkonsumsi memang sangat penting untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena selain membantu proses metabolisme dalam tubuh berbagai sayuran berwarna merah dan hijau juga cukup penting untuk menjaga kesehatan kulit.
Vitamin A yang biasanya terdapat dalam buah buahan berwarna merah akan membuat kulit kita menjadi lebih halus dan menjaga kelembapan kulit agar tidak terjadi kondisi kulit kering atau kekurangan air. Kandungan vitamin B yang biasanya terkandung dalamsayuran hijau juga cukup penting untuk kulit, kekurangan vitamin B di alam tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dan penuaan dini. Vitamin C sebagai bahan penting pembuatan kolagen di dalam tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan sehingga melindungi kulit dari radikal bebas di udara. Contohnya seperti wortel, jambu biji, kacang-kacangan.
  1. Alpukat
Buah alpukat ini memiliki kandungan asam lemak yang baik untuk melembabkan kulit, anda dapat mengkonsumsi secara langsung buah ini atau menjadikannya sebagai masker agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal.
Itulah 5 makanan sehat untuk kecantikan kulit kamu yang dapat ditemukan dengan mudah setiap harinya namun selain mengkonsumsi makanan seperti diatas anda tetap harus menjaga gaya hidup dan dengan tidak terlalu stress agar kulit kita menjadi awet muda.


EmoticonEmoticon