Penyakit Kulit yang Umum Diderita Orang Dewasa

Banyak yang menganggap penderita penyakit kulit adalah orang-orang yang kurang bisa menjaga kebersihan tubuh. Anggapan minor tersebut menjadikan mereka yang memiliki penyakit kulit malu dan cenderung menyembunyikan penyakitnya, justru bukan menyembuhkan.

Banyak penyakit kulit yang menjangkiti daerah yang mudah terlihat oleh orang lain. Mereka yang ada di sekitar penderita kemudian memberikan reaksi yang tidak menyenangkan. Pada akhirnya, hal ini akan menambah beban psikologis bagi mereka yang menderita penyakit kulit.








Sebenarnya, anggapan negatif dari masyarakat sekitar tersebut lebih karena minimnya informasi mengenai penyakit kulit yang diderita. Padahal beberapa di antaranya merupakan gangguan yang umum diderita orang dewasa. Contohnya, ada di bawah ini.
  • Herpes zoster
Salah satu penyakit kulit yang biasa menjangkiti orang dewasa adalah herpes zoster. Salah satu tanda penyakit ini adalah adanya ruam tidak rata berukuran kecil yang bisa melepuh. Kulit yang terjangkit penyakit ini akan terasa perih, gatal, atau sangat sensitif. Daerah yang paling sering menderita herpes zoster adalah pada badan atau bokong. Meski begitu, masih ada kemungkinan bahwa penyakit ini bisa muncul di bagian tubuh manapun.
Untuk mengobati penyakit herpes zoster, bisa dilakukan dengan pemberian krim antivirus, steroid, atau antidepresan.
Pada umumnya, seseorang akan terkena penyakit ini selama sekitar dua minggu. Meski begitu, rasa sakit, mati rasa, dan gatal-gatal mungkin masih akan terasa hingga waktu yang lebih lama, mulai dari berbulan-bulan hingga seumur hidup. Oleh karena itu, penting untuk menangani kondisi ini sedari dini agar nyeri yang dirasakan tidak menetap.
  • Urtikaria
Penyakit kulit lain yang umum diderita adalah urtikaria atau yang dikenal dengan istilah biduran. Ciri-ciri penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal-gatal, bilur-bilur, atau ruam yang menjengkelkan. Gangguan kulit ini mungkin muncul di salah satu bagian tubuh atau bisa tersebar di area tubuh yang lebih luas.
Biasanya urtikaria akan sembuh dalam beberapa hari meski tanpa menjalani pengobatan. Antihistamin mungkin diperlukan, terutama ketika rasa gatal yang menyerang menjadikan penderita merasa tidak nyaman. Jika gejala yang muncul akibat urtikaria tidak hilang dalam waktu lebih dari 48 jam, menghubungi dokter adalah langkah yang sebaiknya dilakukan.
  • Psoriasis
Orang dewasa juga sering terkena penyakit kulit berupa bercak merah bersisik yang biasa disebut dengan nama psoriasis. Bercak ini umumnya muncul di daerah siku, lutut, dan punggung bagian bawah. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa gatal atau sakit di kulit yang terkena.
Meski sebagian orang merasakan efek dari proriasis tidak signifikan, namun sebagian penderita lainnya menganggap penyakit kulit ini mengganggu aktivitas mereka. Untuk meringankan gejala yang muncul, beberapa pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian krim, salep, terapi cahaya, injeksi obat, atau obat oral. Jika penyakit ini masih dalam tahap wajar, maka bisa ditangani melalui konsultasi dengan dokter umum. Namun pada kondisi yang sudah parah, pengobatan biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit.
  • Eksim
Penyakit kulit yang kerap diderita oleh orang dewasa adalah eksim. Ini adalah gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak yang meradang dan menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini juga biasa dikenal dengan sebutan dermatitis atopik. Biasanya, kondisi ini menyerang sisi dalam dari siku atau daerah belakang lutut remaja atau orang dewasa.
Penyebab penyakit kulit yang satu ini belum sepenuhnya bisa dimengerti oleh para ahli medis, namun kuat dugaan bahwa hal ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Guna menyembuhkan penyakit ini, banyak cara dilakukan mulai dari memberikan obat-obatan, melakukan terapi menggunakan cahaya, hingga mengubah gaya hidup.
  • Rosacea
Rosacea merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan kronis pada daerah wajah. Rosacea mirip dengan jerawat yang biasa menimpa remaja, namun diderita orang dewasa. Peradangan tersebut bisa berwujud:
  • Kemerahan
  • Melebarnya pembuluh darah
  • Benjolan kecil (papula)
  • Bintik-bintik kecil berisi nanah (pustula)
  • Kemunculan jaringan ikat pada hidung yang berlebihan
Tanda kemerahan pada penyakit kulit yang satu ini merupakan tanda bahwa orang tersebut memiliki gejala awal sensitivitas terhadap bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan inflamasi. Untuk mengendalikan gangguan ini, biasanya dokter akan memberi pengobatan topikal atau pengobatan oral.

Deretan penyakit kulit tersebut bisa dikelola dengan baik melalui bantuan dokter. Kebanyakan masalah kulit di atas tidak berpengaruh besar bagi kesehatan, namun beberapa penyakit mungkin saja menunjukkan adanya masalah serius. Jadi, jangan menganggap remeh apa pun penyakit kulit yang diderita. Berikan pertolongan pertama jika dirasa ringan, tapi segera periksakan ke dokter jika kondisi kulit makin parah. [Klinikf3]


EmoticonEmoticon