Bahan Makanan Vitamin Otak ini agar Tidak Lemot

Beberapa kelompok bahan makanan dipercaya dapat menjadi vitamin otak yang membantu meningkatkan daya ingat. Meski sebagian informasi ini belum terbukti benar secara medis, tetap saja vitamin otak ini baik untuk kesehatan badan secara umum.

Tubuh manusia akan mengalami penuaan seiring pertambahan usia, termasuk di dalamnya efek penurunan fungsi otak dan kemampuan daya ingat. Para dokter dan peneliti terus mengembangkan penelitian yang mendukung manfaat beberapa kandungan dan bahan makanan tertentu terhadap kesehatan otak.


Tiga nutrisi berikut ini sering disebut-sebut sebagai komponen utama vitamin otak.

Vitamin B12

Mengonsumsi cukup vitamin B12 dipercaya dapat membantu meningkatkan daya ingat. Tetapi sayangnya kekurangan vitamin B12 kerap dialami orang lanjut usia, para vegetarian, dan orang-orang yang mengidap gangguan pencernaan. Para vegetarian bisa mendapatkan vitamin ini pada sereal yang diperkaya B12, sedangkan orang pada umumnya mendapatkan vitamin tersebut pada daging merah, daging unggas, dan ikan.

Omega-3

Meski belum ada penelitian yang membuktikan hubungan antara daya ingat dengan omega-3, tetapi sebuah penelitian yang sedang dikembangkan mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan memiliki lebih sedikit atropi otak dibandingkan yang tidak rutin. Penelitian lain menemukan bahwa waktu reaksi terhadap ingatan jangka pendek pada orang yang mengonsumsi 1,16 gram DHA tiap hari lebih cepat dibanding yang tidak. Salmon dan jeroan ternyata secara alami mengandung salah satu asam lemak omega-3, yaitu DHA dan EPA (eicosapentaenoic acid).

Vitamin E

Penelitian menemukan bahwa vitamin E dalam kadar tinggi dapat membantu meringankan gejala pada pengidap Alzheimer tingkat menengah. Beberapa bukti lain menemukan bahwa vitamin E membawa manfaat mengembangkan daya ingat dan pikir orang lanjut usia. Namun seorang profesor neurologi menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin E lebih dari 1000 IU per hari bisa berbahaya bagi pengidap penyakit kardiovaskular dan yang mengonsumsi obat pengencer darah. Tindakan ini berpotensi pula meningkatkan risiko kanker prostat.
  • Utamakan konsumsi kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau (bayam), buah berkulit gelap (avokad, blueberry, dan blackberry), serta biji-bijian untuk mendapatkan nutrisi vitamin E yang cukup.
  • Untuk memudahkan pilihan konsumsi vitamin otak, di bawah ini adalah daftar beberapa makanan yang dipercaya mengandung kebaikan untuk kesehatan otak.
  • Seorang pakar nutrisi mengungkapkan bahwa penelitian pada blueberry yang dilakukan terhadap hewan menemukan bahwa buah ini dapat melindungi otak dari oksidasi akibat stres. Selain itu, konsumsi buah ini dapat mengurangi terjadinya kondisi akibat efek penuaan, seperti demensia atau Alzheimer. Buah ini juga dapat meningkatkan kapasitas belajar dan kemampuan gerak pada hewan yang diuji coba.  Seorang dokter umum merekomendasikan untuk mengonsumsi secangkir blueberry tiap hari dalam menu harian sebagai vitamin otak.
  • Gandum utuh yang terkandung pada roti gandum utuh, beras merah, dan oatmeal kaya akan omega-3 dan vitamin E. Konsumsi sepotong roti gandum 2-3 kali sehari atau setengah cangkir sereal gandum utuh sehari untuk memenuhi kebutuhan ini.
Jika dikonsumsi 3-4 porsi sepekan, asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam salmon, sarden, ataupun ikan hering dapat menjadi vitamin yang bagus untuk otak.Avokad yang mengandung lemak tak jenuh tunggal berperan penting dalam menurunkan tekanan darah sebagai faktor pendukung kerja otak. Upayakan untuk mengonsumsi seperempat hingga setengah avokad sebagai camilan tiap hari untuk menghindari kalori berlebih.
  • Delima disebut-sebut sebagai buah yang banyak mengandung vitamin otak karena mengandung antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Dalam porsi yang tepat, teh dapat meningkatkan kemampuan otak untuk fokus dan mengingat, serta memperbaiki mood. Theanine dalam teh yang diseduh dipercaya membantu mengaktifkan bagian otak yang berperan memfokuskan perhatian.
  • Kacang membantu menstabilkan kadar gula darah sebagai bahan bakar otak. Kacang tanah, almond, biji bunga matahari, biji wijen, maupun yang telah diolah menjadi  selai kacang ataupun selai almond tetap mengandung gizi yang tinggi. Akan lebih baik jika kacang-kacangan ini dikonsumsi tanpa garam.
Sementara itu, bahan-bahan lain yang juga banyak digunakan sebagai obat herba ternyata belum didukung oleh bukti medis yang pasti. Misalnya, ternyata suplemen ginkgo biloba belum terbukti mampu mengurangi penurunan kemampuan daya ingat ataupun mencegah risiko Alzheimer.Selain lewat makanan segar, vitamin otak memang bisa didapatkan dari suplemen, tetapi konsumsinya tetap perlu dikonsultasikan secara hati-hati ke dokter.
Di samping itu, olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan daya ingat. [Klinikf3cinoling]


EmoticonEmoticon