10 Macam Kebiasaan Baik yang Dapat Dikembangkan oleh Orangtua Untuk Anaknya

Sebagai orang tua aka nada saat dimana-mana kita harus dekat dengan anak-anak dan masa anak-anak akan tidak dekat dengan kita kita ia mulai tumbuh menjadi remaja hingga dewasa kelak. Maka dari itu, momen-momen saat ia belum beranjak remaja adalah waktu yang tepat bagi orang tua mengakrabkan diri dengan anak-anak mereka.

Cara mengakrabkan diri dengan anak-anak adalah dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baik sejak dini agar bisa terbawa hingga ia dewasa nanti. Ketika sudah memasuki usia remaja anak-anak akan sibuk dengan rutinitas mereka di sekolah, Anda akan sulit mendapat perhatiannya kelak. Namun hal itu tidak akan terjadi jika dari kecil sudah memupuk kebersamaan sejak masa anak-anak.
Ada 10 macam kebiasaan baik yang bisa dikembangkan oleh orang tua untuk anak-anak guna mendukung keakraban dengan mereka. Apa saja?

MAKAN MALAM BERSAMA DAPAT MEMBANGUN KEDEKATAN ORANG TUA-ANAK

Ketika memiliki waktu untuk tatap muka dengan anak Anda, itu artinya Anda adalah orang tua yang berhasil dalam mendidik. Sebisa mungkin atur waktu untuk makan malam bersama atau makan siang berdua dengan anak Anda. mengobrol secara tatap muka lebih efektif dibanding melewati pesan sms atau media sosial. Ajak ia untuk mengobrol kegiatannya sehari-hari, biarkan ia nyaman ketika mengobrol dengan Anda.

JAUHKAN SEGALA GADGET DARI MEJA DAN KETIKA ANDA MENGEMUDI

Memang sering susah dipungkiri bahwa gadget sudah menjadi bagian penting hidup manusia modern saat ini. tanpa sadar sebagai orang tua Anda lebih mementingkan smartphone daripada mengobrol atau mendengarkan kisah dari anak-anak Anda. Selagi sempat untuk bercakap-cakap dengan si buah hati, manfaatkanlah momen tersebut.

ATUR JADWAL UNTUK MENGOBROL BANYAK TENTANG KEHIDUPAN ANAK DI SEKOLAH

Ketika anak-anak mulai beranjak remaja, tantangan terbesarna adalah sulitnya mendapat perhatian dari mereka karena mulai disibukan dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari kegiatan sekolah, les, ekskul dan masih banyak lagi. Maka dari itu bangun hubungan kedekatan komunikasi setiap hari secara konsisten entah melalui telepon, e-mail, dan lain-lain. atur jadwal satu hari dalam sepekan agar ia bisa lebih banyak bercerita pada Anda.

KONTAK FISIK SEPERTI PELUKAN DAPAT MENJALIN HUBUNGAN LEBIH ERAT DENGAN ANAK

Virginia Satir seorang psikoterapis “Mother of Family Therapy” mengatakan seseorang setidaknya butuh “empat pelukan setiap hari untuk bertahan hidup”, delapan pelukan sehari untuk pemeliharaan, dan 12 pelukan sehari untuk tumbuh. Para remaja tumbuh dengan banyak cara. Jaga selalu kontak fisik dengan anak-anak agar ia selalu merasa diperhatikan dan diakui.

BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI MEMBUAT ANDA HARUS TERBIASA DENGANNYA

Teknologi yang semakin canggih dan penuh risiko membuat Anda haus beradaptasi dengan cepat agar tidak ketinggallan dengan dunia anak-anak yang terbaru. Anda mungkin tidak mengetahui si kecil menggunakan aplikasi apa saja dalam ponselnya. Bangun keakraban dengan itu dan bila perlu minta anak untuk mengajari Anda cara menggunakannya.

DEKATKAN DIRI DENGAN TEMAN ANAK ANDA CARA LAIN UNTUK MENGETAHUI KESEHARIANNYA

Anda tidak bisa memutuskan dengan siapa anak harus bergaul, jika terlalu membatasi pergaulannya, Anda tidak akan mendapatkan kedekatan dengan anak yang mau beranjak remaja. Untuk itu cara lainnya adalah mendekatkan diri dengan teman-temannya untuk mengetahui keseharian si kecil merupakan kunci terbaik untu bisa selalu mengawasi kegiatan sehari-hari anak-anak.

MENGERTI APA YANG DISUKAI ANAK UNTUK MENGETAHUI SIFATNYA

Mengerti tentang apa yang mereka sukai dapat membangun keakraban yang lebih dekat karena anak akan merasa ia punya tempat yang tepat untuk berbagi kesukaannya.

MEMILIKI HOBI YANG SAMA DAPAT MENJALIN HUBUNGAN YANG KUAT DENGAN ANAK

Ketika Anda mengarahkannya pada suatu hobi yang bermanfaat sewaktu ia masih kecil, ini akan beguna ketika ia memasuki masa remaja karena akan terus melanjutkan hobinya tersebut sampai ia remaja kelak.

MENGOBROL DENGAN MEREKA SEBELUM TIDUR DAN SETELAH BANGUN MERUPAKAN CARA YANG TEPAT UNTUK MEMERHATIKAN MEREKA

Mengajaknya mengobrol selama tiga menit atau membacakannya dongeng  sebelum tidur dapat menjadi cara memperhatikan anak dengan baik karena di saat-saat intim seperti ini anak akan selalu merasa diperhatikan oleh orang tuanya yang penyayang. Anak-anak yang sering dikunjungi ketika ingin tidur dan bangun tidur akan menganggap Anda adalah orang yang spesial di hatinya.

MEMBIARKAN MEREKA GAGAL UNTUK BANGKIT KEMBALI MENUJU KESUKSESAN MERUPAKAN CARA DIDIK YANG BAIK

Ketika mulai menjadi orang tua, beban yang akan Anda rasakan biasanya bagaimana membuat anak-anak sukses dan bertahan dalam kehidupan. Melatih anak untuk berjuang sendiri untuk meraih apa yang merea inginkan merupakan cara yang baik, termasuk ketika membiarkan mereka gagal untuk meraih kesuksesan adalah langkah yang tepat untuk mendidik anak. Dibanding harus selalu membantunya untuk mencapai mimpinya sehingga menjadikannya manusia yang tidak mandiri.


EmoticonEmoticon