Cek Tekanan Darah Rutin Agar Terhindar Dari Penyakit

Penting bagi kita untuk melakukan cek tekanan darah secara teratur. Pasalnya, gangguan pada tekanan darah, baik tinggi maupun rendah, bisa menimbulkan beragam penyakit yang bisa membahayakan nyawa. 

Tekanan darah memiliki peranan penting dalam mengalirkan darah melalui arteri ke berbagai organ dan jaringan tubuh. Darah yang dialirkan ini membawa beragam nutrisi, oksigen, dan zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan jika aliran ini mengalami masalah, itu artinya tubuh akan mengalami hambatan dalam mendapatkan nutrisi dan zat penting yang terkandung di dalam darah untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah mengapa menjaga kesehatan tekanan darah dan melakukan cek tekanan darah secara teratur merupakan hal yang penting dilakukan.

Salah satu masalah tekanan darah yang dialami oleh sebagian orang adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan dari aliran darah begitu tinggi sehingga lama kelamaan akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Tekanan darah ditentukan oleh dua faktor utama yaitu lebarnya pembuluh arteri dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung memompa. Semakin sempit pembuluh arteri dan semakin banyak jumlah darah yang dipompa jantung, maka tekanan darah pada pembuluh arteri meningkat.

Teratur Cek Tekanan Darah Jika Anda Memiliki Kondisi Ini

Seseorang dengan risiko tekanan darah tinggi disarankan rajin menjaga tekanan darah dan melakukan cek tekanan darah. Adapun mereka yang berisiko memiliki tekanan darah tinggi antara lain adalah pria berusia 45 tahun, wanita berusia 65 tahun, berat badan berlebih atau obesitas,  merokok dan banyak minum alkohol, tidak melakukan olahraga atau tidak aktif beraktivitas, memiliki keluarga dengan riwayat tekanan darah tinggi, kurang asupan kalium, kurang asupan vitamin D, atau mengalami stres.Selain beberapa kondisi di atas, risiko tekanan darah tinggi juga bisa meningkat jika Anda mengalami beberapa gangguan kesehatan. Misalnya memiliki penyakit jantung, mengalami gangguan tidur, serta diabetes.
Jika Anda memiliki kondisi seperti di atas, dianjurkan teratur melakukan cek tekanan darah.

Ragam Penyakit yang Disebabkan Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang bisa terjadi karena adanya tekanan darah tinggi, serta komplikasi tekanan darah tinggi.
  • Stroke Hemoragik Tidak seperti stroke iskemik yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Stroke hemoragik terjadi karena adanya kerusakan atau kebocoran pada pembuluh darah di bagian otak, sehingga mengakibatkan pendarahan. Selain karena tekanan darah tinggi, kerusakan ini juga dapat terjadi karena adanya aneurisma pembuluh darah otak di mana ada satu titik dinding pembuluh darah menipis dan karena konsumsi obat pengencer darah yang berlebihan. Stroke hemoragik memiliki beragam jenis, antara lain perdarahan subarachnoid dan perdarahan intraserebral. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian sehingga memerlukan penanganan secepatnya. Penanganan awal yang paling penting dilakukan adalah mengurangi tekanan pada otak yang disebabkan oleh pendarahan, serta mengontrol pendarahan tersebut. Selanjutnya, jika stroke yang dialami termasuk ke dalam kondisi yang cukup serius, maka tindakan operasi akan dibutuhkan untuk memperbaiki pembuluh darah yang bocor dan menghentikan pendarahan. Sedangkan jika stroke yang terjadi termasuk ringan, maka Anda diperkirakan hanya memerlukan istirahat total.
  • Retinopati Hipertensif Tekanan darah tinggi juga dapat merusak pembuluh darah yang terdapat di lapisan retina bola mata, sehingga juga merusak lapisan retina. Kondisi ini bisa semakin parah jika tekanan darah Anda semakin meninggi. Guna mengatasi kondisi ini, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengontrol tekanan darah itu sendiri. Segera periksakan diri Anda jika Anda mengalami sakit kepala yang disertai gangguan penglihatan. Contohnya pandangan menghilang, buram, atau menjadi ganda (berbayang).
Selain beberapa penyakit di atas, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah arteri, jantung, otak, serta ginjal.Jika Anda berisiko untuk menderita tekanan darah tinggi, cobalah untuk rajin melakukan cek tekanan darah, serta menjaga gaya hidup sehat guna menjaga tekanan darah Anda.


EmoticonEmoticon