Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak

SETIAP orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas. Tapi, anak itu memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor apa sajakah itu?


Inilah faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak.

1. Keturunan

Banyak anak yang cerdas, pintar dan berprestasi di sekolah. Dan sudah menjadi rahasia umum akan selalu dihubung-hubungkan dengan kedua orang tuanya. Bagaimana orang tuanya, pendidikan orang tuanya. Tidak heran jika anak yang cerdas dan pintar karena orang tuanya cerdas dan pintar juga. Faktor genetik menurut penelitian menyumbang terhadap intelgensi anak berkisar 40 – 80 persen.

2. Nutrisi yang tepat

Anggapan bahwa kecerdasan anak hanya dapat diturunkan oleh orang tua yang cerdas, tampaknya perlu diubah. Nutrisi yang tepat dan seimbang sangat mempengaruhi kecerdasan anak.

Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon, sarden, tuna menurut penelitian bisa menghasilkan sel-sel otak dan meremajakan fungsi otak. Selain itu kacang-kacangan, telur, makanan laut, ayam, brokoli, alpukat merupakan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.

3. Stimulasi

Selain nutrisi yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan, stimulan-stimulan sejak dini diperlukan untuk perkembangan otak anak. Peran orang tua sangat berperan dalam memberi stimulasi buah hatinya sejak mereka bayi. Dari mengajak bermain yang edukatif, kreatif, mengajarkan bersosialisasi dengan lingkungannya dan mengajak buah hati berolahraga untuk meningkatkan kesehatan fisiknya. Para ahli berpendapat stimulan mampu merangsang kecerdasan otak. Otak manusia terdiri dari jutaan saraf. Stimulan diberikan sejak dini agar terjadi hubungan antara satu saraf dengan saraf yang lainnya. Sehingga ketika memasuki usia sekolah anak akan lebih mudah menerima dan menyimpan ilmu yang diperolah. Memberi stimulan pada anak, disesuaikan dengan umurnya. Lebih baik sejak dini, sejak 0 tahun. Terlebih lagi pada masa the golden age yaitu 0 – 3 tahun.

[klinikf3cinoling/seputarkehidupanbunda]


EmoticonEmoticon