Hijab, Jilbab, Khimar, Kerudung, Apa Bedanya?

HIJAB berasal dari kata hajabah yang artinya menutupi. Jadi, Hijab merupakan sesuatu yang digunakan untuk menutupi sesuatu. Secara bahasa, Hijab dapat diartikan sebagai penghalang. Kata hijab seringkali merujuk pada kerudung yang digunakan muslimah. Namun, jika dilihat dari segi keilmuan Islam atau sisi syari’at, Hijab itu merujuk pada tata cara berpakaian yang pantas sesuai tuntunan Islam.


Sedangkan Jilbab adalah busana muslim terusan panjang yang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa digunakan oleh wanita muslimah. Pemakaian jilbab dilakukan untuk memenuhi tuntunan syari’at tentang hijab seperti yang diperintahkan dalam Al Qur’an.


Jadi, tidak semua hijab adalah jilbab. Tapi, semua jilbab adalah hijab. Kenapa? Karena hijab lebih merujuk pada suatu pembatas atau penutup aurat yang sifatnya umum. Sedangkan, jilbab memiliki arti yang khusus yaitu pakaian atau kain lebar dan longgar serta tidak transparan yang cukup untuk menutup seluruh tubuh sehingga terhijab dengan sempurna sesuai tuntunan syari’at Islam.

Sementara Khimar merupakan penutup kepala atau pakaian yang digunakan untuk menutupi tubuh bagian atas mulai dari kepala, leher hingga dada dan menutup bagian punggung juga. Khimar sering disandingkan atau diartikan sama dengan kerudung. Padahal keduanya memiliki perbedaan.

Khimar dan kerudung memang sama-sama merujuk pada sesuatu yang digunakan untuk menutup bagian atas tubuh (kepala). Bedanya:

Khimar berupa kain panjang atau lebar yang dijulurkan dari kepala hingga dada, menutup bagian atas kepala dengan sempurna, sehingga tidak memperlihatkan bentuk tubuh bagian leher ataupun dada baik dari sisi depan maupun belakang. Sedangkan kerudung hanya sebatas penutup kepala saja. Sehingga bagian leher dan dada bisa saja tidak tertutup dengan sempurna.

Walaupun perkembangan fashion muslimah saat ini berkembang pesat, kita tetap harus berpegang pada aturan syari’at Islam dalam berpakaian. Jangan menampakkan perhiasan atau berlebih-lebihan baik dari segi model busana ataupun make-up. Karena ketentuan berpakaian sudah diatur dengan sempurna dalam ajaran Islam. Itu semua dibuat untuk menegaskan identitas kita juga untuk menjaga kehormatan kita sebagai muslimah. []


EmoticonEmoticon