Terbiasa Melakukan Perbuatan Buruk? Tinggalkanlah dengan 5 Tips Ini

KEBIASAAN buruk tentu akan berdampak pada kualitas hidup seseorang. Apabila Anda salahsatu yang mempunyai kebiasaan buruk itu, maka mulailah belajar untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang biasa Anda lakukan. Tapi bagaimana caranya?

Dilansir dari hafidhmind.wordpress.com bahwa ada lima tips yang bisa Anda lakukan untuk meninggalkan kebiasaan buruk. Apa sajakah itu?

1. Kenali Dulu Penyebab Keburukan Tersebut Datang

Tidak dapat dipungkiri bahwa pennyebab keburukan datang ini sangat penting untuk diketahui. Penyebab ini akan membuat kita mengulang keburukan itu lagi. Dengan mengetahui penyebab keburukan maka kita diharapkan mampu menghindari dan membuang jauh-jauh penyebab terjadinya keburukan itu. Misalnya, “Ketika kita minum khamr penyebabnya adalah kita terpengaruhi oleh teman. Maka kenali itu dan cobalah untuk menguatkan diri dan keluar dari pergaulan buruk tersebut.”

2. Pikirkanlah Tujuan dan Akibat dari Perbuatan Itu

Ada anjuran dalam Islam mengenai niat yaitu, “Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari niatnya.”

Niat itu sebenarnya apa sih? Niat itu mengacu pada tujuan kita melakukan sesuatu dan menelaah akibatnya. Sebelum melakukan sesuatu hendaknya kita pikirkan dahulu niatnya. Apa tujuan melakukannya dan manfaatnya. Kita seharusnya berpikir demikian agar kita menunjukkan rasa syukur kita pada Allah atas nikmat akal yang Allah berikan pada kita.

3. Carilah Cara Menghindarinya dengan Menghambat Jalannya Fungsi Penyebab

Ketika kita sudah tahu apa penyebab keburukan itu datang, maka langkah selanjutnya adalah menghambat penyebab itu berjalan. Hindari hal-hal yang menyebabkan keburukan datang. Mungkin ini adalah yang paling susah dalam menghilangkan kebiasaan buruk. Pasalnya kita senantiasa memiliki penyebab yang berjalan dalam fungsi waktu. Jadi penyebab terjadinya keburukan itu berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

4. Tegaskanlah Konsekuensi Ketika Anda Melanggar dan Melakukan Keburukan Itu Lagi

Jangan biarkan sedikit toleransi ketika Anda melakukannya. Ketegasan dalam hal ini sangat berperan untuk menghilangkan keburukan datang lagi. Ikatlah diri Anda baik-baik dengan aturan yang Anda mainkan.

5. Carilah Hal yang Lebih Baik dari Kebiasaan Itu

Ketika Anda dihadapkan pada kebuntuan untuk meninggalkan kebiasaan buruk, maka tips yang satu ini sangat cocok. Intinya gantilah kebiasaan itu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat misalnnya olahraga atau membaca buku. []


EmoticonEmoticon