10 Manfaat Garam

Klinik F3 Cinoling - Garam, senyawa kimia yang tak bisa dileepaskan dalam kehidupan kita, rasanya yang asin menjadi ciri khasnya tersendiri.

Tak hanya untuk mengasinkan hidangan atau makanan, ternyata banyak hal yang bisa dibantu oleh pelengkap yang satu ini. Berikut ulasannya:

1. Menghilangkan Bau Bawang

Biasanya setelah memotong bawang merah atau bawang putih, tidak mudah meninggalkan bau bawang yang menempel di tangan. Basahi tangan, gosok tangan dengan beberapa garam dan mencucinya.

2. Mengatasi Jerawat

Gunakan air garam sebagai pengobatan jerawat. Kandungan garam akan membuat jerawat menyusut dengan mudah. Bahkan dapat mengobati luka kecil di mulut.

3. Menghilangkan Bau Sepatu

Letakkan kain diisi penuh dengan garam dapur atau taburkan garam ke dalam sepatu. Dalam waktu dua jam, sepatu tidak bau lagi.

4. Cat Homemade

Campurkan secangkir tepung, satu cangkir garam, air dan beberapa tetes warna makanan. Cat buatan sendiri siap dipakai.

5. Buah Segar

Salah satu kegunaan terbaik dari garam dapur adalah menjaga buah tetap segar. Taburkan garam ke buah iris agar tetap segar tanpa perubahan warna apapun.

6. Penyegar Ruangan

Ambil setengah cangkir garam meja dan menambahkan beberapa kelopak mawar atau sekitar 30 tetes minyak esensial.
Untuk membuatnya lebih alami, tempatkan campuran garam pada orange yang setengah dikupas.

7. Pembersih Wastafel

Tak perlu membeli pembersih yang mahal agar wastafel dapur kembali berkilau. Buatlah pasta dari jus lemon dan garam untuk menyeka wastafel.

8. Memadamkan Api

Garam dapat bekerja memadamkan kebakaran di beberapa titik memasak, seperti saat memasak makanan berminyak. Untuk memadamkan api pemicu kebakaran, bubuhkan garam di atasnya.

9. Tembaga Berkilau

Untuk menjaga barang-barang tembaga terlihat bersinar, gosok dengan campuran garam, cuka dan tepung.

10. Bebas Nyamuk

Basahi ujung jari dengan air dan kemudian celupkan ke dalam garam. Gosokkan di atas area gigitan nyamuk agar tidak memerah.

Sumber : Boldsky.com


EmoticonEmoticon