Organ Tubuh Manusia Bagian Dalam Beserta Fungsinya

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri yang saling berkaitan satu sama lain. Apabila ada salah satu organ yang bermasalah, maka berpotensi menggangu kerja organ yang lainnya. Organ tubuh manusia yang berada di dalam, atau organ internal, mencakup kumpulan jaringan dari mulai kepala hingga kaki.
Organ tubuh manusia bagian dalam 

Organ tubuh manusia beserta fungsinya

Organ dalam tubuh manusia bekerja sama secara erat membentuk sistem organ, seperti halnya sistem peredaran darah atau sistem pencernaan. Berikut ini adalah uraian beberapa organ tubuh manusia lengkap dengan fungsinya:
Otak
Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia karena bertanggung jawab atas segala aksi dan reaksi yang dilakukan oleh tubuh. Karena fungsinya sebagai pusat sistem saraf, otak ini terlindung dalam tengkorak dan ditutup oleh tempurung kepala untuk menjaganya agar tetap aman. Selain membantu tubuh untuk mengaktifkan otot, otak juga bertugas mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh bisa bereaksi atas rangsangan eksternal. Fungsi eksekutif juga dijalankan oleh otak, seperti perencanaan, penalaran, berpikir abstrak dan pengendalian diri yang karena hal ini manusia menjadi spesies paling cerdas.
Jantung
Jantung merupakan organ dalam tubuh yang bertugas untuk memompa darah. Organ yang memiliki berat sekitar 250 hingga 350 gram atau seukuran kepalan tangan ini terbuat dari otot jantung tak sadar. Hal inilah yang membuat jantung terus berdetak meski manusia dalam keadaan tertidur. Seperti yang telah disebutkan, jantung memiliki fungsi utama mensuplai darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung ini dilindungi oleh tulang rusuk dan terletak di sebelah kiri dada.
Paru-paru
Organ dalam tubuh manusia yang selanjutnya adalah paru-paru. Seperti yang telah diketahui bahwa paru-paru merupakan organ terpenting dalam sistem pernapasan. Paru-paru ini bekerjasama dengan jantung. Dari vena darah, paru-paru membuang gas karbon dioksida dan kotoran lainnya.
Lambung
Dalam sistem pencernaan, lambung merupakan organ yang berperan penting. Bentuk dari organ ini adalah seperti buah pir dan terletak di rongga perut, antara usus dan kerongkongan. Ukuran dan bentuknya fleksibel, tergantung dari jumlah makanan yang anda konsumsi. Fungsi lain lambung adalah mengeluarkan asam lambung, asam klorida serta menjaga tingkat pH yang berpengaruh terhadap kelancaran pencernaan.
Hati
Fungsi utama dari organ yang terletak di sisi kanan rongga perut ini adalah menyaring zat berbahaya yang dibawa oleh darah, mensekresi asam amino tertentu, menjaga kadar glukosa dan kolesterol dalam darah, mengkonversi glukosa menjadi glikogen serta menyimpan vitamin dan mineral.

Itulah setidaknya 5 organ tubuh manusia bagian dalam beserta tugasnya. Masih banyak organ-organ tubuh internal lainnya yang menjalani sistem pada tubuh seperti kerongkongan, usus, ginjal, faring, dan lainnya. Organ tubuh manusia dan fungsinya haruslah berjalan dengan lancar agar membentuk tubuh yang sehat.


EmoticonEmoticon