Kenali Gejala Kista Sejak Dini!

Kista ovarium adalah penyakit yang menyerang wanita. Kista ini tumbuh pada organ reproduksi terutama rahim dan indung telur, yang mana kita ketahui bahwa rahim adalah organ tubuh wanita yang sangat dibanggakan. Wajar bila setiap wanita memiliki kekhawatiran akan kesehatan dirinya terutama pada rahimnya.

Kista dengan ukuran yang kecil atau beberapa milimeter biasanya tidak menunjukkan gejala namun untuk kasus kista yang memiliki ukuran dan keganasan yang cukup serius akan menunjukkan ciri-ciri penyakit kista yang cukup serius.

Kista atau tumor jinak yang berisi cairan ini dapat larut bersamaan dengan siklus menstruasi namun ada juga yang semakin membesar dan akhirnya menjadi ganas, jika kista sudah menunjukkan perubahan bentuk maka hal itu bisa berakibat kemandulan bagi seorang wanita.

90% kasus kista pada anak perempuan merupakan kista fungsional yang tidak menyebabkan bahaya atau kecemasan yang serius yang dapat hilang dalam beberapa minggu atau bulan. Penyakit kista ini juga bisa mengecil bahkan menghilang setelah melahirkan. namun akan sangat berbahaya jika terjadi pada masa menoupause.

Untuk kista yang semakin hari semakin membesar disebut kista folikel san kista korpus luteum ukuran mulai dari 5 cm atau lebih bahkan bisa menjadi ganas. Kista yang satu ini membutuhkan penanganan yang cukup serius.

Adapun penyebab dari penyakit yang satu ini hingga sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Hanya saja beberapa faktor yang dapat memicu resiko kondisi ini terjadi diantaranya dipengaruhi oleh polusi dan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.
Nah, dibawah ini adalah beberapa gejala yang penting untuk dikenali pada penderita kista. Penasaran seperti apa? Simak informasinya dibawah ini!

Rasa Berat Pada Bagian Perut Bawah

Gejala pertama yang mungkin dirasakan oleh para penderita kista adalah adanya perasaan berat pada bagian perut bawah. Kondisi ini dapat terjadi sebagai gejala awal yang penting untuk diwaspadai dengan baik.

Untuk ukhti yang seringkali merasakan perut yang terasa berat pada bagian bawah. Maka jangan abaikan kondisi ini dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau puskesmas terdekat. Agar demikian masalah ini bisa segera mendapatkan diagnosis yang pasti.

Teraba Bulatan di Perut Kanan/Kiri

Selanjutnya ukhti dapat mengenali benjolan kista dengan meraba bagian perut bawah. Biasanya untuk kista maka ukhti akan dapat meraba bagian perut bawah dan merasakan apakah terdapat benjolan lunak pada saat memegangnya atau tidak.

Untuk kista biasanya terdapat benjolan yang lunak pada saat ukhti memegang bagian ini. Baik pada perut bagian kanan ataupun kiri bawah dan umumnya benjolan ini akan sulit untuk dapat dipegang.

Terganggunya BAB dan BAK

Pada wanita yang mengalami kista maka umumnya kondisi ini akan dapat mempengaruhi buang air pada saat yang terdesak. Ketika ukhti mengalami kondisi yang satu ini maka penting sekali untuk mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter.

Sering Nyeri Perut

Pada saat kista membengkak atau membesar maka si penderita akan merasakan sering sakit perut pada bagian perut bawahnya.

Gangguan Haid

Gejala lain yang mungkin dialami oleh mereka yang mengalami kista adalah terganggunya siklus haid menjadi tidak lancar.

Bila merasakan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, baiknya langsung konsultasi ke dokter atau bidan guna meminimalisir kista sejak dini.
Semoga bermanfaat. []

Sumber: Bidanku
              Ceksehat


EmoticonEmoticon