Siwak dan Sikat Gigi Sama Aja

Banyak yang mengira dan menyamakan antara sikat gigi dan siwak dari kayu itu berfungsi sama dan berguna sama. Tapi sebenarnya berbeda baik dari sisi fisik maupun kandungan di dalamnya, tahukah Anda?

WHO melaporkan dalam report series, siwak dapat menghilangkan plak tanpa menyebabkan luka pada gigi. Hal tersebut terbukti setelah dilakukan penelitian tentang daya antibakterial ekstrak dan kristal siwak dengan hasil, menjadi antibakteri terhadap bakteri B. Melaninogenicus.

Selain itu, siwak kayu juga memiliki kandungan Antibakterial acid,  yakni antibakteri alami seperti astringents dan deterjen yang dapat membunuh bakteri dan mencegah infeksi, serta menghambat pembentukan plak gigi.

Siwak, Sunah Rasulullah yang Diakui WHO

Ini Lho 5 Manfaat Lain Pasta Gigi

Selain antibakteri alami, siwak pun mengandung chlorid, vitamin C, potasium, sodium bikarbonat, flourida, silika dan sulfur yang lazim terkandung di dalam pasta gigi atau odol.

Penelitian lain yang membandingkan antara ekstrak campuran dari siwak dan Chlorhexidine Gluconate (CHX) yang sering terkandung dalam cairan kumur.
Bagaimana, Anda sudah mulai tertarik menggunakan siwak kembali daripada sikat gigi biasa dan odol, di samping memang menjaga kesehatan, terlebih juga itu sunnah nabi. []

Referensi:


Abu. 2015. Tau Gak Sih Islam itu Sehat?. Solo: AQWAMEDIKA


EmoticonEmoticon