Pakaian Penghuni Neraka?

Mengenai pakaian para penghuni neraka, Allah SWT mengatakan bahwa pakaian yang dibuatkan untuk mereka adalah pakaian yang terbuat dari api, sebagaimana difirmankan-Nya dalam Al-Qur’an, “Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sangat mendidih ke atas kepala mereka,” (Qs. Al-Hajj[22]: 19).

Ketika Ibrahim at-Taimi membacakan ayat ini, ia berkata, “Mahabesar Allah subhanahu wa ta’ala yang telah menciptakan pakaian dari api neraka.” [1]

“Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. Pakaian mereka adalah pelangkin (ter) dan wajah mereka ditutup dengan api neraka,” (Qs. Ibrahim[14]: 49-50).

Pelangkin atau ter ini sebetulnya adalah lelehan tembaga panas. Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Malik al-Asy’ari, Rasulullah bersabda, “Wanita yang meratapi orang yang meninggal, jika ia tidak menyesali perbuatannya sebelum ia meninggal, ia akan dibangkitkan pada hari kiamat dengan memakai baju ter dan perisai kudis.” Ibn Majah meriwayatkannya dengan kata-kata, “Wanita yang meratapi orang yang meninggal, yang tidak menyesali perbuatannya, Allah subhanahu wa ta’ala akan membuatkan untuknya baju dari ter dan perisai dari kudis.” ()

[1] At-Takhwif min an-Naar, hal. 126

Sumber: Lampu Islam


EmoticonEmoticon