Minuman Jahe Punya Banyak Khasiat

Ketika hujan turun dan udara menjadi dingin, minuman jahe banyak dicari untuk menghangatkan tubuh. Dan tidak hanya itu, minuman jahe juga dipercaya mampu mengurangi perut mual.

Jahe mengandung bahan kimia yang dipercaya dapat mengurangi rasa mual dan peradangan. Para peneliti percaya bahan kimia pada jahe dapat memengaruhi otak, sistem saraf, perut, dan usus untuk mengontrol mual.


Sehat dengan minuman jahe

Tak hanya harum dan menyegarkan, minuman jahe juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh. Misalnya ketika kita terserang batuk. Minuman jahe atau teh jahe dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan gangguan pernapasan lainnya.Minuman jahe juga digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah pada perut, contohnya untuk mencegah atau menghentikan mual. Ahli kesehatan percaya semua itu berkat komponen aktif dalam jahe seperti minyak volatile dan senyawa fenol gingerol.

Dan tak hanya digunakan untuk mengatasi mual akibat mabuk perjalanan, minuman jahe juga diduga efektif mengurangi mual dan muntah di pagi hari pada ibu hamil, mual yang disebabkan oleh obat untuk penyakit HIV/AIDS, mual dan muntah selama 24 jam pertama setelah operasi, dan mengurangi gejala pusing atau vertigo.
Selain itu, minuman jahe juga dipercaya mampu meredakan nyeri ostheoarthritis dan nyeri otot, serta mengurangi nyeri ketika sedang haid. Yang lebih hebat lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa mineral dan asam amino dalam minuman jahe diduga dapat membantu mencegah penyakit jantung, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, meredakan heartburn (nyeri ulu hati), mencegah pembekuan darah, mencegah serangan jantung, dan menurunkan tekanan darah.
Oh iya, untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, minuman jahe bisa menjadi salah satu cara alami dan sehat untuk mengendalikan berat badan. Berdasarkan penelitian terhadap 10 orang pria dengan kelebihan berat badan, minum teh jahe panas bisa membantu kita merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut

Teh jahe

Ada banyak cara untuk membuat minuman jahe atau teh jahe, mulai dari yang sederhana (hanya air dan jahe) hingga dicampur dengan berbagai bahan minuman lainnya.Minuman jahe dengan madu dan jeruk nipis
  • Cuci dan bersihkan jahe, kemudian iris tipis-tipis.
  • Taruh irisan jahe dalam 2 cangkir air, rebus selama 10-20 menit.
  • Tambahkan madu dan jeruk nipis untuk memperkaya rasa.
Minuman jahe dengan susu
  • Rebus irisan jahe dan 1 cangkir air selama 10 menit.
  • Angkat lalu tambahkan 2 cangkir susu.
  • Didihkan kembali dengan api kecil selama 5 menit.
Minuman jahe dengan kayu manis
  • Rebus air, irisan jahe, dan potongan kayu manis dalam panci tertutup selama 1 jam. Saring rebusan jahe ke dalam cangkir dan tambahkan madu bila suka.
Konsultasikan dengan dokter tentang jumlah konsumsi yang aman sebelum mulai membuat minuman jahe yang sehat dan menyegarkan ini. Konsumsi jahe yang berlebihan berisiko menyebabkan kembung dan nyeri ulu hati.  Selamat mencicipi minuman sehat dan dengan banyak khasiat.


EmoticonEmoticon