Keutamaan Asmaul Husna



Allah mempunyai nama – nama yang baik, asmaul husna. jumlahnya terdapat 99, walaupun sesungguhnya jumlah nama – nama Allah lebih dari itu.
karna terdapat nama allah disimpannya dalam ilmu gaib di sisinya. sebagaimana sabda rasulullah dalam riwayat imam ahmad:
“tidak sekali – kali seorang tertimpa kesulitan, tidak pula kesedihan, kemudian dia mengucapkan doa berikut (yang maksudnya) :
ya Allah, sebetulnya saya merupakan hambamu, anak dari hambamu, anak dari hamba perempuanmu, ubun – ubun (roh) – ku berposisi dalam genggaman kekuasaanmu, saya berposisi di dalam keputusanmu, keadilan belakalah yang engkau tetapkan atas diriku.
saya meminta kepada engkau dengan menyebut seluruh nama yang jadi milikmu, yang engkau namakan dengannya dirimu, ataupun yang kau turunkan di dalam kitab mu ataupun yang engkau ajarkan kepada seorang dari makhlukmu ataupun kau menyimpannya di dalam ilmu gaib di sisimu.
jadikanlah alquran yang agung bagaikan penghibur kalbuku, sinar dadaku, pelenyap dukaku dan juga penghapus kesusahanku’ melainkan allah menghapus darinya kesedihan dan juga kesulitan dan mengubahnya dengan kegembiraan’. ” (hr. ahmad)
kemudian apa aja keutamaan asmaul husna yang jumlahnya 99 itu?
  1. doa dengan asmaul husna hendak dikabulkan allah
    Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita buat berdoa dengan menyebut asmaul husna. karna itu merupakan perintahnya, hingga itu pula jaminan kalau doa tersebut hendak dikabulkannya.
    وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا
“hanya kepunyaan allah asmaul husna, hingga bermohonlah kepada – nya dengan menyebut asmaul husna itu…” (qs. al – a’raf: 180)
syaikh wahbah az zuhaili menarangkan dalam tafsir angkatan laut (AL) munir, seseorang hamba mesti berdoa kepada Allah dengan nama – namanya dan juga tidak boleh menyeru allah kecuali dengan nama – namanya yang baik.
  1. rasulullah mengajurkan menekuni asmaul husna
    kala menarangkan tulisan angkatan laut (AL) a’raf ayat 180 dalam tafsirnya, ibnu katsir mencatumkan hadits tentang doa dengan asmaul husna. mendengar sabda rasulullah, seseorang teman bertanya:
“wahai rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya? ”
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bersabda:
بَلَى يَنْبَغِى لِمَنْ سَمِعَهَا أَنْ يَتَعَلَّمَهَا
“benar, diajarkan untuk tiap orang yang mencermatinya (asmaul husna) mempelajarinya” (hr. ahmad)
  1. hafal asmaul husna isnya allah masuk surga
    ini keutamaan yang luar biasa. siapa yang hafal 99 asmaul husna dan juga merenunginya, dia hendak masuk surga. sebagaimana sabda nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
    إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمَا مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ
“sesungguhnya allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu. siapa yang menghafalnya dia hendak masuk surga” (hr. bukhari dan juga muslim)
syaikh wahbah az – zuhaili mencerahkan, penafsiran ahshoohaa (أحصاها) merupakan menghitung, menghafal dan juga merenungi maknanya.
( sumber: pendidikan. net )


EmoticonEmoticon