SABDA RASULULLAH BENAR..!! Tentang Mata Ayam Yang Mampu Melihat Malaikat

Ayam adalah hewan yang bermata dua, yang terletak di samping kepala. Mata ayam mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa melihat gelap.

Tidak ada ceritanya ayam keluar malam-malam mencari makan, ketika magrib datang ayampun sudah tidak bisa beraktifitas apapun, mereka hanya bisa bertengger di sarangnya.


Pada pagi hari saat matahari terbit, kita sering mendengar ayam berkokok. Ini bukan karena melihat matahari, namun karena ayam melihat para malaikat yang sedang membagikan rezeki.

Hal ini dijelasakan Rasulullah 1400 tahun silam. Beliau bersabda: "Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik, mintalah perlindungan Allah. sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat." (HR. Abu Daud dan Ahmad).

"Bila engkau mendengar suara ayam jantan, maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat. Sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari
setan, karena dia melihat setan." (Shahih Bukhari dan Muslim).

Derajat kedua hadist, adalah shahih dari segi sanad maupun matan. Dengan adanya kedua hadis ini, ketika mendengar ayam berkokok antara pukul 02.00 WIB-04.30 WIB adalah waktu yang disunnahkan untuk salat malam/tahadjud.

Dalam riwayat lain disebutkan "Aku pernah bertanya pada aisyah tentang shalat-shalat Nabi Shallallaahu'alaihi wa sallam di waktu malam. lalu dia menjawab: "Apabila mendengar kokok ayam jantan, beliau bangun, lalu shalat" (diriwiyatkan oleh Imam Ahmad, 6/110;shahih).

Terkait kemampuan mata ayam yang melihat malaikat, sebuah penelitian sejumlah ilmuwan di Washinton University mengungkapkan, ayam adalah hewan bermata dua yang letaknya disamping kepala. Mata ayam punya kelemahan, karena tidak bisa melihat gelap.

Dibalik kekurangannya, mata ayam bisa melihat cahaya yang tidak bisa dilihat manusia, yaitu snar ultra violet. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, dimana ayam bisa melihat malaikat hingga berkokok.

Penjelasan ilmiah dibalik rahasia malaikat bisa dijelaskan dalam Jurnal Public Library of Science ONE. Mereka meneliti ayam dan dipublikasikan dalam http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0008992.


EmoticonEmoticon