5 Hal yang disesali orang yang telah meninggal

☘1. Mati Karena Tidak Bersedekah
Sedekah bukan hanya dalam bentuk materi saja, tapi kata Rasulullah kepada sahabatnya, perbuatan baik kepada orang lain dan makhluk yang ada didunia adalah sedekah. Contohnya, membantu saudara yang sedang kesusahan, berkata baik kepada sesamanya, membantu membersihkan masjid. Senyum kepada orang lain dan masih banyak contoh yang lainnya.

☘2. Tidak Pernah Mendengarkan Orang Yang Mengingatkan
Dalam Al-Qur'an surah Al'Ashr telah dijelaskan, bahwa manusia semua dalam keadaan merugi kecuali mereka yang saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, tentunya dia membutuhkan nasihat untuk kembali ke jalan yang benar.

☘3. Tidak Menegakkan Shalat Ketika Sehat Maupun Sakit.
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya.”

☘4. Orang Yang Memutus Silaturrahim
Rasulullah selalu memerntahkan kita untuk selalu menjaga silaturrahim kepada siapa saja. Karena silaturrahim mampu memperat persaudaraan dintara sesama. Ada banyak keuntungan jika kita menjaga silaturrahim selain memperbanyak saudara, kita bisa saling mendoakan, saling membantu dan sebagainya. Kerabat atau sahabat kita yang shaleh nantinya juga bisa menolong kita saat berada di akhirat kelak.

☘5. Tidak Pernah Berdakwah
Dakwah adalah jalan ibadah untuk mengajak orang lain kepada kebaikan. dakwah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi berdakwah tidak harus berdiri diatas podium, tidak harus dilihat jutaan umat, atau tidak hanya di masjid.
🙏🙏


EmoticonEmoticon