Ternyata, Jomblo Dan Telat Nikah Pun Jadi Sebab Penyakit Maag!

Salah satu penyakit yang menimpa Dr Ryan Thamrin–seperti yang diberitakan banyak media–adalah Maag. Pun begitu, jika kita menilik kepada masyarakat umum, seringkali kita menyaksikan banyak yang menderita penyakit lambung atau pencernaan ini. Hingga tak kenal status dan umur.


Penyakit ini membuat tidak nyaman pada perut, serangan maag juga kerap kali disertai sensasi perih pada dada dan perut serta rasa mual-mual.

Lalu, Apa hubungannya maag dengan status seseorang–seperti jomblo?

Dr. Juwita sendiri menyebutkan jika dalam pengalamannya menangani pasien, Ia kerap menemukan keluhan pasien berusia 20an yang mengalami sakit maag yang disebabkan oleh masalah Jodoh, masalah pekerjaan, atau masalah akademis yang memang bisa memicu stres.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, dari FK Universitas Indonesia, menyebutkan jika stress memang berperan besar pada munculnya penyakit maag.

Menurut beliau, tak hanya bagi mereka yang jomblo atau belum menikah, orang tua dari anak yang tak kunjung juga menikah atau mendapatkan pasangan juga diketahui bisa mengalami serangan maag, meskipun memang kasusnya cukup jarang.

Jika Anda termasuk orang yang mudah terkena serangan maag dan belum memiliki pasangan hidup, mungkin mulai mempertimbangkan untuk mendapatkan pasangan sesegera mungkin–hanya rekomendasi. []

Sumber: dokter sehat


EmoticonEmoticon