Tidur Kurang Dari 6 Jam Setiap Hari Tidak Baik Bagi Kesehatan



Sebuah kolaborasi peneliti internasional, baru-baru ini menetapkan bahwa tidur kurang dari enam jam setiap malam sangat tidak baik bagi tubuh manusia. Para peneliti percaya bahwa ada hubungan antara tidur lima jam per hari atau kurang dengan kematian muda, mereka mengatakan bahwa orang yang tidak cukup istirahat memiliki kemungkinan untuk mati muda. Idealnya, seseorang harus tidur selama 6 sampai 8 jam setiap malam.
Tim peneliti ini juga menemukan bahwa, orang yang tidur lebih dari sembilan jam seitap malam juga beresiko tinggi mengalami kematian daripada rata-rata.
Namun, mereka berhipotesis, mungkin ini terkait erat dengan kenyataan bahwa orang-orang ini mungkin sudah menderita kondisi medis yang membuat mereka tidur lebih lama. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari 16 studi tentang tidur yang terpisah, mencakup lebih dari 1,5 juta orang. Rincian penyelidikan ini muncul dalam edisi terbaru scientific journal Sleep.
Peneliti ini meliputi Inggris, Amerika Serikat, dan negara-negara di Eropa dan Asia Timur. Sebuah korelasi yang jelas ditemukan ada, antara tidur terlalu banyak/terlalu sedikit dengan awal kematian yang disebabkan oleh berbagai isu. Para ilmuwan lagi menggarisbawahi fakta, bahwa orang harus tetap tidur antara 6 sampai 8 jam setiap malam, karena ini adalah periode waktu yang ideal tubuh manusia untuk beraktifitas di hari berikutnya
“Masyarakat modern telah melihat pengurangan bertahap jumlah rata-rata tidur orang dan pola ini lebih umum di antara pekerja full-time, hal ini mungkin karena tekanan masyarakat untuk waktu kerja yang lebih lama dan lebih banyak shift kerja. Di sisi lain, penurunan status kesehatan kita sering disertai dengan perpanjangan waktu tidur kita, “jelas profesor Francesco Cappuccio, University of Warwick, yang juga pemimpin the Sleep, Health and Society Program di universitasnya.
“Tidur adalah dasar untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur dipengaruhi oleh banyak penyakit dan kondisi, termasuk depresi, “tambah profesor Jim Horne, Loughborough Sleep Research Center, yang percaya bahwa faktor lain dapat berkontribusi untuk korelasi ini selain pola tidur yang sebenarnya. “Tapi setelah kurang dari lima jam malam menunjukkan ada sesuatu yang mungkin tidak benar. Lima jam tidak cukup bagi kebanyakan orang dan mengantuk di siang hari meningkatkan risiko mengalami kecelakaan jika mengemudi atau mengoperasikan mesin berbahaya, “ia menyimpulkan.

sumber : http://habaget.com/tidur-kurang-dari-6-jam-setiap-hari-tidak-baik-bagi-kesehatan/


EmoticonEmoticon