Mengapa Flakka Sangat Berbahaya?

Dinamai flakka. Di beberapa negara, benda ini juga disebut “kerikil” (gravel) karena potongan kristal putihnya yang menyerupai kerikil akuarium.

Obat buatan manusia ini mirip dengan kokain. Tapi seperti “bath garam,” sejenis obat sintetis yang dilarang pada tahun 2012, flakka berpotensi menjadi jauh lebih berbahaya daripada kokain.

“Sangat sulit untuk mengendalikan dosis yang tepat [dari flakka],” kata Jim Hall, seorang ahli epidemiologi penyalahgunaan narkoba di Nova Southeastern University di Fort Lauderdale, Florida, seperti dikutip dari CNN. “Hanya sedikit perbedaan berapa banyak yang dikonsumsi bisa menjadi perbedaan antara semakin tinggi dan sekarat. Itu yang penting.”

Bahkan overdosis obat yang kecil sekalipun, bisa melalui diisap, disuntikkan, didengus atau disuntikkan, dapat menyebabkan berbagai gejala ekstrem. Sebagaimana para ahli menyebutnya, ditandai dengan perilaku kekerasan; lonjakan suhu tubuh (105 derajat dan lebih tinggi, kata Hall); paranoia, dan mungkin yang membuat flakka paling banyak dicari adalah benda ini membuat si penggunanya terasa memiliki kekuatan dan kemarahan seperti Hulk.

Cerita Flakka sudah menumpuk. Seorang pria di Florida Selatan yang membongkar pintu, mengaku sedang mengonsumsi flakka. Seorang gadis di Melbourne, Florida, berlari melewati jalan sambil berteriak bahwa dia adalah setan. Ia juga mengunyah Flakka. Pihak berwenang di negara bagian Amerika sudah memperingatkan warganya akan bahaya obat tersebut.

Florida tampaknya sangat terpukul oleh overdosis flakka.
Hall mengatakan bahwa ada sekitar tiga atau empat orang rawat inap di Broward County di Florida Selatan, dan lebih banyak lagi di akhir pekan. Tidak jelas mengapa Sunshine State adalah sarang untuk penyalahgunaan flakka; “Ini pertanyaan utama di komunitas kami,” kata Hall.

Kasus serupa juga dilaporkan di Alabama, Mississippi dan New Jersey.
Flakka, yang dinamai dari dari bahasa gaul Spanyol yang berarti wanita cantik (“la flaca”), mengandung zat kimia sepupu dekat MDPV, bahan utama “batch garam”. Bahan kimia ini mengikat dan menggagalkan molekul pada permukaan neuron yang biasanya menjaga tingkat neurotransmiter pengaturan mood, dopamin dan serotonin. Hasilnya adalah laksana “membanjiri otak” dengan bahan kimia ini, kata Hall. Kokain dan methamphetamine memiliki cara kerja serupa di otak, namun bahan kimia dalam flakka memiliki efek jangka lebih lama, kata Hall.

Meski flakka mempunyai karakteristik tinggi bisa bertahan satu sampai beberapa jam, ada kemungkinan efek neurologis bisa permanen. Obat yang tidak hanya di otak saja, juga bisa menghancurkannya, kata Hall. Dan karena flakka, seperti batch garam, berkeliaran di otak lebih lama daripada kokain, maka tingkat kerusakannya bisa lebih besar.

Efek samping flakka lain yang berpotensi ke pada ginjal. Obat ini dapat menyebabkan otot rusak, akibat hipertermia, dan mengurangi risiko pada ginjal. Para ahli khawatir bahwa beberapa orang yang selamat dari overdosis flakka mungkin harus menjalani cuci darah selama sisa hidup mereka.

Seperti kebanyakan obat sintetis, sebagian besar flakka tampaknya berasal dari China dan dijual di internet atau melalui pompa bensin atau dealer lainnya. Harganya bisa mencapai $ 3 sampai $ 5, yang membuatnya menjadi alternatif murah untuk kokain. Para dealer sering menyasar orang muda dan miskin, dan para tuna wisma, kata Hall. “Mereka adalah orang-orang yang sudah dirugikan dalam hal penyakit kronis dan akses terhadap perawatan kesehatan,” tambahnya.

Tidak jelas pada saat ini apakah flakka lebih berbahaya daripada “batch garam ” yang ada sebelumnya. “Flakka sebagian besar muncul sebagai pengganti MDVP [dalam ‘bath salt’],” kata Lucas Watterson, seorang peneliti postdoctoral di Temple University School of Medicine Centre for Substance Abuse Research.

Meskipun Drug Enforcement Administration Amerika telah mengeluarkan larangan sementara pada flakka, pembuat obat dapat mengatasi larangan ini, seperti dengan menempelkan label “Bukan untuk konsumsi manusia” pada obat tersebut, demikian kata Watterson.

Mungkin diperlukan beberapa tahun lagi untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk mengajukan larangan federal mengenai flakka, tambahnya. Dan pelarangan bisa efektif, setidaknya dalam mengecilkan nyali para pengguna potensial.

“Masalahnya adalah ketika salah satu dari obat ini dilarang atau ilegal, produsen obat tersebut merespons dengan menghasilkan sejumlah alternatif yang berbeda,” kata Watterson. “Ini semacam flavor of the month.” []


EmoticonEmoticon