JANGAN Remehkan Daun Sirih Merah, Ternyata 29 Jenis Penyakit ini Bisa ditumpasnya!

Daun sirih merah memiliki banyak sekali manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, berikut ini adalah ulasannya:



1. Mengobati batuk

Manfaat pertama daun sirih merah adalah dapat mengobati batuk. Caranya sediakan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas dan madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama daun bidara upas dalam 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, tambah madu secukupnya, kemudian ramuan tersebut dibuat untuk berkumur. Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

2. Mengurangi produksi ASI

Produksi ASI berlebihan bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih merah. Caranya mudah, ambil 4 lembar daun sirih dan olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu panggang diatas api, jangan sampai hangus terbakar. Dalam keadaan masih hangat, daun sirih tersebut ditempelkan di sekitar payudara.

3. Penyakit jantung

Jika anda mengalami jantung koroner, maka daun sirih merah bisa dijadikan alternatif untuk mengobatinya. Caranya sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

4. Mengobati Penyakit Sefilis

Manfaat daun sirih mampu mengobati penyakit sefilis, caranya mudah siapkan 25-30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

5. Bronkhitis

Sediakan 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari 3 sendok makan.

6. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat anda bolak-balik ke kamar mandi, jika anda mengalami diare anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun sirih dengan cara mengambil 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. Kemudian tumbuk ketiga bahan tersebut hingga lembut, kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

7. Mengobati gusi berdarah

Jika anda mengalami pendarahan pada gusi, manfaat daun sirih solusi alaminya, obati saja dengan daun sirih. Caranya, ambil 4 lembar daun sirih kemudian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur. Lakukan berulang-ulang hingga sembuh.

8. Mengobati Mimisan

Jika anda sering mengalami mimisan atau terjadi pendarahan pada hidung, anda dapat menghentikannya dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian lumatkan, gulung sambil ditekan hingga keluar minyaknya. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung hingga tidak keluar darah lagi.

9. Mengobati gigi berlubang

Jika anda megalami sakit gigi karena gigi berlubang, segera ambil satu lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Air rebusan daun sirih tersebut digunakan untuk berkumur. Lakukan erulang-ulang hingga sembuh.

10. Mengobati Kanker

Daun sirih dapat bermanfaat untuk mengobati kanker, anda dapat menggunakannya untuk mengobatinya dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus hingga airnya berkurang hingga 1/4 bagian, lalu ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut, campurkan dengan madu. Minumlaj 3 kali sehari pada saat masih dalam keadaan hangat.

11. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun sirih bersifat diuretik yang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Jika anda mengalami penyakit susah buang air kecil, anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk melancarkannya dengan membuat jus daun sirih. Caranya adalah dengan mencampurkan jus daun sirih dengan madu dan susu, kemudian diminum selama 1 minggu sekali.

12. Mengobati Koreng atau gatal-gatal

Salah satu manfaat daun sirih yaitu dapat mengobati koreng serta gatal-gatal yang disebabkan oleh kuman dan jamur. Anda dapat mengobatinya hanya dengan merebus daun sirih, kemduian air rebusan tersebut digunakan untuk mandi atau bisa juga dengan membasuh kulit yang tekena gatal saja. Caranya dengan mengambil 15 hingga 20 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih dan rebus. Sebisa mungkin gunakan air rebusan daun sirih dalam keadaan masih hangat.

13. Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang mempunyai permasalahan dengan jerawat dan segera ingin menghilangkannya, percayakan pada khasiat daun sirih. Anda dapat menggunakan daun sirih dengan cara mengambil 8 hingga 10 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih, remas atau ditumbuk kasar, kemudian seduh dengan air panas dan gunakan air tersebut untuk membasuh luka. Lakukanlah cara ini hingga 2 atau 3 kali sehari.

14. Menghilangkan Bau Badan

Anda mempunyai permasalahan dengan bau badan, dan ingin menghilangkannya secara alami. Anda dapat mencobanya dengan menggunakan daun sirih untuk menghilangkannya, karena khasiat daun sirih mampu mengatasi bau badan. Caranya ambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu hingga tersisa hingga 1 gelas saja. Kemudian minulah pada siang hari. Lakukan cara ini hingga bau badan hilang.

15. Khasiat Daun Sirih dapat Mengobati Bisul

Jika anda sedang terkena bisul, maka anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya sangat mudah, hanya dengan menumbuk daun sirih tua secukupnya, lalu bubuhkan ke area yang terkena bisul. Agar daun sirih tidaj lepas, sebaiknya balut menggunkan kain.

16. Mengobati Diabetes Mellitus (Kencing Manis)

Ambil tiga lembar daun sirih merah setengan tua dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa ½ gelas. Kemudian, minum ramuan sehari tiga kali sebelum makan. Sekali minum ½ gelas.

17. Mengobati Radang Prostat 

Siapkan 6 lembar daun sirih merah yang masih muda (bagian pucuk). Cuci bersih lalu iris kecil-kecil, kemudian rebus dengan air 2 gelas (400 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuan sekaligus setelah dingin (bisa ditambahkan madu murni sebanyak 2 sendok teh) dua kali sehari.

18. Mengobati TBC

Siapkan 6 lembar daun sirih yang sudah tua berukuran sedang atau ukuran besar sebanyak 4-5 lembar. Cuci bersih dan dibilas hingga 3 kali, kemudian iris kecil-kecil dan rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan minum ramuan selagi hangat tiga kali sehari. Sekali minum sebayak ½ gelas. Untuk menghindari rasa yang terlalu pahit bisa ditambahkan 1 sendok teh madu murni atau perasan jeruk nipis.

19. Mengobati Asam Urat

Ambil 7 lembar daun sirih merah ukuran sedang beserta batangnya sepanjang 15 cm. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil dan direbus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 2 gelas. Kemudian, saring dan minum ramuan selagi hangat dua kali sehari. Sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni dan perasan jeruk nipis. Sisanya bisa diminum pada hari berikutnya setelah dipanaskan terlebih dahulu.

20. Mengobati Kangker Payudara dan Rahim

Siapkan 6 lembar daun sirih ukuran besar beserta batangnya sepanjang 15 cm (usahakan memilih daun sirih merah yang bagian bawahnya berwarna merah merata dan segar). Daun dan batang sirih merah dicuci hingga bersih, direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum ramuan selagi hangat dua kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.

21. Mengobati Wasir

Ambil 7 lembar daun sirih lalu cuci bersih dan diiris kecil-kecil. Selanjutnya rebus sirih merah dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Setelah disaring dan dingin, ramuan diminum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok teh madu murni.

22. Mengobati Penyakit Ginjal

Petik 8 lembar daun sirih merah yang masih muda (daun bagian pucuk). Cuci bersih, iris kecil-kecil, lalu rebus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, saring dan endapkan ramuan terlebih dahulu. Setelah dingin ramuan diminum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas dan bisa ditambahkan dengan madu murni 2 sendok teh.

23. Mengobati Hepatitis atau Radang Liver

Ambil 6 lembar daun sirih merah tua berukuran besar lalu cuci dengan air mengalir secara berulang-ulang. Kemudian, rebus daun sirih merah dengan 4 gelas (800 ml) air sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya, minum ramuan tiga kali sehari dengan takaran ½ gelas. Lebih baik jika ditambahkan madu 3 sendok teh setiap kali minum.

24. Mengatasi luka bakar

Siapkan beberapa daun sirih merah lalu cuci bersih. Peras airnya kemudian tambah dengan sedikit madu. Selanjutnya, tempelkan di tempat terjadinya luka bakar. (untuk kasus luka bakar yang sekiranya tidak ringan ada baiknya langsung dibawa ke dokter)

25. Mengobati maag

Siapkan beberapa daun sirih merah, lalu cuci bersih. Selanjutnya giling sampai halus, lalu lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ganti dua kali sehari.

26. Mengobati Mata Merah

Petik 5 atau 6 helai daun sirih merah yang masih muda, masak dengan air panas, kemudian tunggu sampai air dingin, kemudian basuhkan ke mata yang sakit. Lakukan tiga kali sehari sampai mata sembuh.

27. Mengurangi jerawat

Siapkan 7 sampai 10 helai daun sirih merah, cuci dan haluskan. Seduh dengan dua gelas air panas. Selanjutnya, gunakan airnya untuk membasuh wajah. Lakukan 2-4 kali setiap hari.

28. Mengatasi Keputihan

Siapkan 10 helai daun sirih merah lalu cuci bersih. Kemudian seduh dengan sekitar 3 liter air hangat. Gunakan air rendamannya yang masih hangat untuk membersihkan alat vital Anda (wanita).

29. Menyembuhkan payudara bengkak karena memberi ASI

Ambil beberapa helai daun sirih merah, cuci dan oleskan sedikit minyak kelapa pada daun. Selanjutnya, panaskan sebentar daun di atas api sampai sekiranya kisut. Kemudian, taruh daun di payudara saat masih sedikit hangat


EmoticonEmoticon