Bagaimana Mengobati Wasir?

Assalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ustadz  beberapa minggu yang lalu saya perrnah mengalami buang air besar berdarah. Apakah hal tesebut berbahaya? Dan apa faktor penyebabnya? Mohon dijelaskan. Jazakallah.

Wa’alaikum salam Warahmatullahi Wabarakatuh. Ibu Rahmawati yang dirahmati Allah, jika saya prediksikan ibu termasuk orang yang banyak duduk dan jarang mengonsumsi serat. Berhati-hatilah karena Anda bisa terkena ambien atau wasir. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh sambelit atau kontipasi. Penyebab lainnya adalah sesuatu yang membuat anus menjadi renggang karena harus mengedan lama atau terlalu lama duduk, terutama duduk atau jongkok di WC.

Dapat juga diakibatkan karena terlalu lama berdiri, kehamilan, atau mengedan sewaktu melahirkan, bisa juga karena keturunan. Hati-hati pula karena ambien bisa menimpa Anda yang memiliki masalah kegemukan.

Beberapa gejalanya adalah perdarahan ketika BAB, timbulnya rasa nyeri, panas dan gatal pada anus, mengejan yang berlebihan ketika akan BAB atau rasa sakit ketika duduk. Dalam pembahasan berikut, Anda dapat lebih mengenali penyakit ambien atau wasir.

Ambient atau wasir merupakan penyakit yang terjadi pada anus, yaitu bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Penyakit ambient ini bukan hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya , tetapi juga memberikan rasa minder dan malu. Penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena merasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga dapat diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang efek sampingnya terkadang tidak baik. Oleh sebab itu, wasir perlu di waspadai dan di tangani dengan baik agar mudah diobati. Jangan remehkan penyakit wasir karena Anda bisa dibuat menderita seumur hidup.

Jenis-jenis Ambien atau Wasir

Wasir atau ambient ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol keluar seperti wasir luar. Gejala wasir dalam adalah terdapat darah yang keluar dari anus pada saat
BAB. Jika sudah parah, bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus dilakukam operasi untuk membuangnya. Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya, wasir ini terlihat sebagai tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal. Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut ini:
  1. Terlalu banyak duduk
  2. Diare menahun
  3. Kehamilan, diakibatkan perubahan hormon
  4. Keturunan penderita wasir
  5. Hubungan seks yang tidak lazim
  6. Penyakit yang membuat sering mengejan
  7. Sembelit atau konstipasi atau obsitpasi menahun
  8. Penekanan kembali aliran daerah vena
Ciri Khas Penyakit Ambien atau Wasir

Sebelum terlanjur parah, sebaiknya Anda mengenali penyakit wasir pada awal mulanya sehingga bisa diobati sedini mungkin. Biasanya, penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda, yang menetes atau mengalir lewat anus. Penderita juga akan merasa adanya ganjalan pada anus ketika BAB sehingga ia akan mengejan. Hal itu tentu saja dapat memperparah wasirnya. Selain itu, biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

Pencegahan dan pengobatan

Anda dapat melakukan tips-tips berikut untuk meringankan ambient:
  1. Jalankan pola hidup sehat
  2. Olahraga secara teratur
  3. Konsumsi makanan berat
  4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di WC atau toilet
  5. Jangan merokok, mengonsumsi minuman keras, narkoba dan lainnya
  6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar
  7. Minum air yang cukup
  8. Jangan menahan kencing atau buang air besar.
  9. Jangan menggosok dan menggaruk dubur kelebihan
  10. Jangan mengejan (ngeden) berlebihan
  11. Jika tidak ingin BAB, Jangan dipaksakan
  12. Duduk berendam pada air yang hangat
  13. Minum obat sesuai anjuran dokter
Ada dua macam cara pengobatan wasir, yaitu tanpa operasi (Oninvasiv) dengan dengan cara operasi (invasive). Kedua cara tersebut memiliki keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Cara pertama dapat dilakukan pasien dengan rawat jalan, sedangkan pada cara kedua pasien harus dirawat karena dilakukan dalam pembiusan ( narkose ). Pengobatan tanpa operasi:
  • Siapkan kapas murni non dioxin secukupnya
  • Siapkan 1 botol Strong Acid ( Air KanGen Water dengan pH 2,5)
  • Semprotkan Strong Acid (by KanGen Water) pada kapas secara menyeluruh
  • Tempelkan kapas yang telah pada anus, biarkan ambeien / wasir terkompres selama 1 jam
  • Ulangi hingga wasir/ ambeien mengempis dan hilang
Cara mengobati ambeien – wasir dengan Air KanGen Water ini sudah Terbukti pada banyak penderitanya yang telah sembuh dalam waktu singkat.
  • Menggunakan selap atau suppository dapat mengurangi keluhan subjektif, tetapi tidak dapat menyembuhkan wasir.
  • Suntikan (dengan sklerosing agent) dapat diberikan pada derajat keparahan I – III dan kadang-kadang juga derajat IV. Prinsip dari obat suntikan ini adalah menyumat pembuluh darah serta mengecilkan bantalan pembuluh darah.
  • Infrared coagulation (IRC) sering dipakai pada derajat I, terlebih yang disertai perdarahan. Jika dipakai pada derajat II juga masih memberikan hasil yang cukup bagus. Prisip IRC adalah menghentikan perdarahan dengan sinar infra merah.
  • Alternatif lain untuk pengobatan wasir derajat III dan derajat IV adalah dengan ligasi, yaitu pangkal wasir diikat dengan karey khusus, sehingga wasir akan “layu” dan jatuh. Umumnya dipakai jika wasir hanya di satu atau dua tempat, di mana sering dilakukan kombinasi antara suntikan dan ligasi untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Pengobatan dengan Operasi

Operasi umunya dilakukan pada derajat III dan IV. Keberhasilan operasi lebih bagus dibandingkan tanpa operasi karena kemungkinan kambuhnya lebih kecil. Kerugiannya adalah operasi dilakukan dalam pembiusan sehingga penderita harus dirawat. Rasa sakit setelah operasi tidak dapat dihindarkan, tetapi dengan metode operasi sekarang, rasa sakit bisa lebih berkurang dan lama perawatan juga lebih cepat (3-4 hari).

Dengan kemajuan teknik pengobatan tanpa operasi , pola pengobatan juga berubah. Hanya 20 persen dari penderita wasir yang memerlukan penanganan dengan opereasi sedangkan 80 persen dapat diobati tanpa operasi. Selanjutnya tinggal Anda yang menentukan pilihan yang paling aman dan mudah untuk mengobati penyakit anda sekarang. Semoga bermanfaat.

 Wallahualam. []


EmoticonEmoticon