8 Surat-Surat Pendek Al Quran yang Mudah Dihafal


SURAT-SURAT PENDEK 

Mungkin kamu punya niat untuk mulai menghafal Al Quran. Walau kamu mungkin masih baru belajar Al Quran, tapi jauhkan pikiran sulit untuk menghafalnya. Sebagai permulaan, mungkin kamu bisa pilih surat-surat pendek dalam Al Quran. Harapannya supaya lebih mudah dan cepat untuk menghafalnya.
Nah, kira-kira apa surat-surat di Al Quran yang pendek dan mudah dihafal itu?

1. Surat Al Fatihah

Surat ini disebut juga dengan Ummul Quran atau Ummul Kitab yang berarti induk Al Quran. Sebab dalam surat ini terkandung pokok isi Al Quran. Surat Al Fatihah diturunkan di Mekkah terdiri dari 7 ayat. Isi dari Al Fatihah tentang keimanan, ibadah, hukum-hukum, dan janji serta ancaman.

Kamu bisa mudah menghafal surat ini. Selain karena pendek, surat ini pun akan selalu kita baca saat melaksanakan shalat.

2. Surat Al ‘Asr

Inilah surat pendek lainnya yang mudah untuk dihafalkan. Surat Al ‘Asr terdiri dari 3 ayat. Surat ini termasuk surat Makkiyah dan surat ke-103 dalam Al Quran. Surat ini berisi tentang pentingnya memanfaatkan waktu agar digunakan untuk beribadah dan melaksanakan kebaikan.

“Demi masa (1) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (2) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran (3). (QS: Al-Asar: 1-3)” Demikian terjemahan surat Al ‘Asr ini.

3. Surat Al Ikhlas

Surat pendek ini juga termasuk yang mudah untuk dihafalkan. Sebab terdiri 4 ayat dan bisa dibaca saat shalat maupun untuk kesempatan lainnya, seperti sebelum tidur dan ketika saat pagi dan sore hari. Surat ini turun di Mekkah dan berisi tentang penegasan keesaan Allah serta menolak segala bentuk penyekutuan pada-Nya.

“Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa (1) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu (2) Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan (3) Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia (4). (QS: Al-Ikhlas: 1-4)” Demikian terjemahan dari surat Al Ikhlas.

4. Surat Al Falaq

Secara harafiah, Al Falaq berarti “Waktu Subuh”. Surat Makkiyah ini menerangkan agar kita berlindung pada Allah SWT dari segala keburukan. Surat Al Falaq berisi 5 ayat, jadi sangat gampang untuk dihafal. Selain itu, surat ini juga baik untuk dibaca sebelum tidur dan saat berada di dalam perjalanan.

5. Surat An Nas

Surat An Nas adalah surat ke-114 sekaligus penutup dalam Al Quran. Surat yang terdiri dari 6 ayat ini berisi tentang perintah untuk berlindung pada Allah dari bahaya godaan setan.

“Katakanlah: “Aku memohon perlindungan pada Tuhan (yang memelihara) umat manusia (1) Penguasa umat manusia (2) Sembahan umat manusia (3) Dari dorongan jahat kalbu yang menyelinap (4) yang menyesak ke dalam dada manusia (5) disebabkan golongan jin dan manusia (6). (QS: An-Nas: 1-6) Demikian terjemahan dari surat An Nas.

6. Surat Al Maun

Al Maun secara harafiah berarti “hal-hal yang berguna”. Ini surat yang terdapat di juz 30 Al Quran. Surat ini pendek dan terdiri dari 7 ayat. Dalam surat ini diterangkan mengenai orang yang mendustakan agama yaitu mereka yang menghardik anak yatim dan enggan menolong orang miskin. Surat ini juga gampang dihafal dan bisa sering dibaca saat shalat.

7. Surat Al Fil

Inilah surat yang menceritakan tentang usaha penghancuran Ka’bah oleh raja Abrahah beserta bala tentaranya. Ketika itu, Abrahah menggunakan pasukan gajah untuk menyerang Ka’bah. Saat pasukan tersebut Mendekati Makkah, lalu Allah mengirim burung-burung ababil yang membuat pasukan tersebut porak-poranda.

Surat yang terdiri dari 5 ayat ini mudah untuk dihafal dan mengandung isi sejarah yang sangat penting untuk dipahami.

8. Surat Al Kautsar

Surat ini berjumlah 3 ayat. Dalam surat ini diterangkan mengenai nikmat Allah yang begitu besar telah diberikan pada kita. Juga perintah untuk selalu beribadah kepada Allah serta berkorban sebagai tanda bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan-Nya pada kita.

Ya itu tadi surat-surat pendek yang mudah untuk dihafal. Selain dihafal, mari kita resapi maknanya dan jalankan isinya dalam kehidupan sehari-hari.


EmoticonEmoticon