7 Menu Makanan ini TIDAK PERNAH Absen di Hari Lebaran

Sebagai umat muslim tentu wajib namanya untuk merayakan lebaran. Ketika menjelang lebaran kebanyakan warga tanah air berbelanja baju untuk digunakan ketika hari raya Idul Fitri tiba. Hal tersebut sudah menjadi ciri khas sejak dari dulu. Selain merayakan lebaran dengan baju baru, juga didampingi dengan beberapa menu hidangan yang disajikan saat hari H.


7 Menu Makanan ini TIDAK PERNAH Absen di Hari Lebaran

1. Ketupat



Ketupat merupakan makanan yang berbahan beras yang kemudian dibungkus dengan menggunakan anyaman yang berasal dari daun muda kelapa. Ketupat tentunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan warga Indonesia, mengingat makanan ini merupakan salah satu makanan yang wajib ada ketika lebaran. Biasanya ketupat dihidangkan dengan beberapa menu makanan lain seperti opor. Ketupat banyak dijumpai juga di negara tetangga seperti Singapura, Filipina, Brunei Darusalam, dan juga Malaysia.

2. Opor Ayam



Makanan wajib saat lebaran yang kedua adalah opor ayam. Opor ayam menjadi menu makanan wajib ketika lebaran tiba. Menu makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan, dengan campuran rempah-rempah lainnya. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa khas yakni gurih. Tidak hanya pada lebaran saja, makanan ini juga sudah sering dijumpai pada hari-hari biasa. Pada saat lebaran, biasanya opor ayam dikombinasikan dengan ketupat.

3. Sambal Goreng Kentang



Sambal goreng kentang merupakan makanan wajib lebaran yang berikutnya. Untuk makanan ini akan lebih cocok dipadukan dengan rasa gurih dan kental kaldu dari opor ayam. Oleh karena itu ketika lebaran tiba, kombinasi antara ketupat, opor ayam, dan sambal goreng kentang tidak bisa dipisahkan mengingat jika digabungkan makanan ini memiliki berbagai cita rasa mulai dari pedas dari sambal goreng kentang, gurih dari opor ayam dan ketupat.

4. Kue Kering



Inilah makanan yang pasti wajib ada berikutnya pada saat lebaran. Hampir setiap umat muslim yang merayakan lebaran menyediakan kue kering dirumahnya untuk menyambut para tamu yang datang. Aneka kue kering yang biasa dihidangkan misal seperti nastar dengan selai nanas, putri salju dengan gula putih di atasnya, dan berbagai hidangan kue kering lainnya.

5. Rendang



Rendang merupakan menu makanan khas Padang yang namanya sudah tidak asing lagi di Indonesia, Makanan ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia dengan meraih posisi di peringkat pertama. Rendang pada umumnya dimasak dengan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Namun saat ini rendang juga bisa dibuat berasal dari daging ayam, paru, dan juga bebek.

6. Manisan Kolang-kaling



Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Pada saat lebaran, kolang-kaling menjadi salah satu menu hidangan yang favorit. Biasanya, manisan kolang-kaling akan dicampurkan dengan soft drink yang berwarna sehingga membuat tampilan dan rasa kolang-kaling menjadi lebih segar.

7. Rengginang



Rengginang merupakan salah satu makanan ringan. Pada awalnya merupakan makanan yang dibuat dari sisa nasi yang tidak habis, dan daripada terbuang sia-sia. Namun kemudian rengginang mengalami modifikasi. Garing dan gurih, adalah rasa dari rengginang.

Panganan ini dibuat dari bahan baku seperti beras ketan, garam, gula pasir dan bumbu seperti bawang putih dan penyedap. Biasanya rengginang dibuat berwarna-warni agar menarik.

Lalu bagaimana dengan kamu? hidangan favorit apa sih yang paling kamu tunggu saat lebaran atau yang selalu ada di rumahmu saat lebaran ? yuk sharing di kolom comment...

*gambar dan artikel disaring dari berbagai sumber*


EmoticonEmoticon