Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal



Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal
 - Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal, alangkah baiknya kalau kita kenali dulu apa fungsi ginjal bagi tubuh manusia.

Menurut wikipedia, fungsi ginjal adalah mengatur pH, konsentrasi ion mineral, dan komposisi air dalam darah. Ginjal mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatnya, urine yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal juga berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Nah, setelah tahu apa fungsi ginjal, sekarang mari kita kupas, makanan apa saja yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Dan jangan lupa baca juga artikel Cara Menjaga Kesehatan Ginjal.

1. Paprika

Sayuran ini menambah rasa ketika suatu menu dibakar, dipanggang, atau dimasak apapun. Paprika membantu memecah limbah yang ada di dalam darah, untuk itu sayuran ini tepat jika dikonsumsi dengan tujuan untuk menunjang kesehatan ginjal. Tapi pastikan itu adalah paprika merah.

2. Putih telur

Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda perlu protein yang rendah fosfor. Putih telur memiliki protein yang sehat. Dan perlu diketahui orang dengan masalah ginjal harus menghindari kuning telur.

3. Kembang Kol

Cara paling sederhana untuk mempersiapkan kembang kol adalah dengan merebus dan menambahkan merica dan garam. Dan sayur ini memiliki keunggulan untuk menyehatkan ginjal karena merupakan musuh bagi senyawa beracun dalam tubuh Anda. Kembang kol kaya indoles, glucosinolates dan tiosianat yang berfungsi mengusir limbah beracun dalam tubuh Anda.

4. Kubis

Kubis merupakan bahan inti untuk makanan India-Cina yang paling dicintai. Sayur ini mengandung phytochemical yang mampu menumpas radikal bebas, yang merusak tubuh dan kulit. Pada dasarnya, setiap buah dan sayuran yang memecah radikal bebas adalah rahasia untuk kulit bersinar alami. Cara mengkonsumsinya mudah, bisa dijadikan lalapan ataupun dicampur sebagai tumisan dan sup.

5. Ikan

Hidangan ikan memang identik dengan penduduk pesisir, namun tak ada salahnya, Anda juga menjadikan ikan sebagai menu harian yang sehat untuk ginjal. Lemak ikan memiliki sifat anti-inflamasi, dan omega-3 nya dapat mengurangi masalah ginjal. Ikan juga merupakan sumber yang baik untuk protein.

6. Jus

Jus buah atau jus sayur, keduanya memiliki sifat untuk memecah limbah dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Jus, terutama jus sayuran yang mengandung phytochemical berfungsi untuk mencuci darah dengan baik sehingga dapat membantu mencegah penyakit gagal ginjal. Jus buah, terutama berry kaya akan antioksidan yang menghindari masalah dan meningkatkan kesehatan ginjal. 

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan ginjal. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.


EmoticonEmoticon